new videos

Cara Ganti Nomor HP Nonaktif dengan Nomor Yang Baru di Mobile JKN, Gak Pake Lama!

tampilan verifikasi nomor hp/email untuk ubah nomor

Jadi ceritanya sepupu aku yakni mamanya Alpi mau mendaftarkan Alpi untuk terapi anak di rumah sakit cuma nih BPJSnya udah lama gak dipake jadi gak tau nih masih aktif atau engga. Udah hubungi BPJS lewat Whatsapp cuma gak ada jawaban dari Pandawa udah berhari-hari. Akhirnya kemarin tuh cek ke Puskesmas terus katanya masih aktif dan jadi PBI sebelumnya berbayar. Dari kelas 2 jadi kelas 3.

Singkat cerita karena dulu waktu Alpi lahir faskesnya terdaftar di deket tempat kerja bapaknya yang lumayan jauh dari rumahnya sekarang, mama Alpi mau pindah faskes Puskes aja biar deket. Nah, perlu ganti faskes kan? Orang puskes ngasih saran suruh datangi Kantor BPJS Cikokol atau telpon 165 aja buat ubah data.

Datenglah ke Kantor BPJS, sampai sana udah mengular ternyata lagi banyak yang mau urus turun kelas. Sebelum masuk ke dalem kantornya harus lewatin security dulu untuk di cek 'kepesertaannya' dan maksud tujuan datang kesana. Terus beliau cek tuh masuk ke dalem tanya ke cs di dalem, balik lagi security bilang "bisa di urus lewat mobile JKN atau telpon 165" disitu mama Alpi coba download JKN.

Ngeliat akunnya bisa, tapi untuk ubah faskes perlu verifikasi nomor hp atau email. Dan ternyata nomor hp yang terdaftar dulu, sekarang udah mati terus emailnya juga pake email suaminya yang mana beliau juga lupa passwordnya sodara-sodara. Frustasi gak sih, di mobile JKN susah login, nelpon 165 juga gak nyambung-nyambung, Whatsapp BPJS gak ada kelanjutan.

Nelponlah mama Alpi ke aku, cerita..

Terus akhirnya sisi anak twitterku muncul, ya karena sering banget gunain twitter untuk komunikasi pertama, tercepat soal komplen-komplen

"yaudah gue coba tanya sama admin @BPJSKesehatanRI di Twitter" 
"emang aman, beneran gak tuh" sahut sepupu via telpon
"aman centang biru kok" meyakinkan

Coba deh tuh aku DM Twitter @BPJSKesehatanRI yang centang biru ya gess kalo mode Twitter kamu dark mode centangnya warna putih. "DM nya gimana kak?"

Halo siang admin,
Bisa bantu ganti nomor hp Mobile JKN karena yang lama sudah mati dan email lupa password, urgent mau pindah faskes dan ingin segera dipakai untuk berobat terapi anak. Mohon dibantu, terima kasih 🙏

Ya ceritain sesuai kenyataan, bahasa sopan santai aja. Dibalesnya emang gak cepat bisa 5-15 menit, tapi seenggaknya gak berhari-berhari kayak Whatsapp. Padahal dulu urus lewat wasap itu juga cepet lho, entah kenapa ya sekarang gak ada respon malahan.

Gak lama adminya balas, dimintai data kayak nomor BPJSnya, email, nomor hp lama (jika ada), nomor hp baru, sampai ke nama pelapor, domisili, data-data umum kayak biasanya.

Terus gak lama dibales gini




Lapor ke mama Alpi buat coba login, terus eh bisa. Langsung deh ubah faskes, ya cuma gitu masih sama prosedurnya, kalo ganti faskes berlakunya nanti di tanggal 1 bulan baru. Iya jadi gak bisa langsung dipake BPJSnya, nunggu sampe tanggal 1 baru aktif dengan faskes baru. Cuma udah bisa di print ya gess kartu BPJS dengan faskes barunya, kayak biasa kirim ke email nanti masuknya. Makanya nomor hp dan email itu dua hal yang penting banget jangan sampe mati atau lupa password.

Sebenarnya si gak menduga kalo masalahnya bakal selesai lewat Twitter karena sebelumnya gue DM nanya pindah faskes jawabannya bisa di urus lewat JKN Mobile. Ternyata kali ini engga! Buat kalian yang koar-koar di instagram BPJS Kesehatan dan berharap mereka gercep balas disana pindah deh ke Twitter karena lebih cepet!



Jangan sampe salah ya, akun Twitter Official @BPJSKesehatanRI (klik aja) jangan sampe salah akun.

Ohya beda cerita kalo ganti nomor hp dan email tapi kamu masih punya akses, itu gak perlu repot tinggal di ubah langsung di pengaturan akun Mobile JKN kalo udah berhasil login. Karena ubah nomor hp pun butuh verifikasi nomor hp yang sudah terdaftar tersebut. Kalo udah nomor udah mati ya butuh bantuan call center BPJS Kesehatan, itu solusinya!

Segitu aja cerita kali ini, semoga membantu!

Thank u!
Lisa

Comments

Form for Contact Page (Do not remove)