Pengalaman Free Scaling di FDC Dental Clinic Tangcity, Beneran Gratis?

by - November 09, 2021


FDC Dental Clinic Tangcity
Dok. Pribadi Lisa Deslina

Review FDC Dental Clinic Tangcity

Promo scaling gratis di FDC Dental Clinic beneran gak bayar?

FDC Dental Clinic dari namanya jelas ini adalah tempat untuk perawatan gigi. Aku tau tempat ini dari instagram di tahun 2019. Sebenarnya udah kesini juga tahun 2019 anter adik scaling gigi waktu itu lagi promo grand opening FDC Dental Clinic Tangcity Rp99 ribu ditambah fluoride Rp150 ribu dan ada biaya admin untuk pasien pertama.

Pada tahun tersebut di bulan maret aku juga mau perawatan free scaling gigi disitu kebetulan menang giveaway dari FDC Dental Clinic sialnya pandemi korona mewabah di negera Indonesia ini. Dimana beberapa klinik gigi belum berani untuk membuka slot untuk scaling gigi, karena 'kan droplet banget ya prosesnya. Kalaupun ada itu ada tambahan biaya baju APD + swab PCR yang dulu itu biayanya bisa untuk makan aku tiga bulan.

Baru deh menjelang akhir tahun FDC Dental Clinic denger-denger udah buka lagi tanpa perlu pasien pakai baju APD dan swab PCR. Tapi aman gak tuh? Insya Allah aman guys karena dokter gigi dan asistennya pakai baju APD lengkap dengan pelindung wajah gitu dan juga alat-alatnya dimasukin ke tempat bentuknya kayak kulkas agar steril, cmiiw.


Kebetulan bulan oktober kemarin aku, sepupu (ruli), dan adik (restu) perawatan scaling di klinik ini cuma beda tanggal aja sama restu karena slot di tanggal 29 oktober udah penuh, dia kebagiannya tanggal 31 oktober 2021. Pakai promo free scaling FDC Dental Clinic kebetulan disana sedang ada program bakti sosial dibulan pelanggan nasional terbatas untuk 100 orang saja dengan syarat dan ketentuan berlaku pastinya.

Karena ini promo jadi perlu transfer booking fee Rp50 ribu dulu ke pusat FDC Dental Clinic dengan chat Whatsapp sesuai nomor telepon yang ada di bio instagram official klik di sini @fdc.dentalclinic jangan sampai salah nih  screenshoot akunnya.

Instagram FDC Dental Clinic Pusat



Mungkin pada bingung ya "lho katanya gratis, kok perlu transfer booking fee" jawabannya ada di bawah ini..

Kebingungan itu akan dijelaskan oleh admin Whatsapp FDC. Pas hari H akan dapet chat reminder oleh admin cabang FDC Dental Clinic Tangcity udah bukan pusat lagi yang handle di tahap hari perawatan. Isi google form gitu.

Ohya, aku ambil booking di jam 10.30 pagi sedangkan ruli dijadwalkan perawatan jam 10.00 pagi kita dateng barengan.

Ini alamat FDC Dental Clinic cabang Tangcity:
Tangcity Business Park Jl. Jendral Sudirman ruko nomor D3

Kalau dari pam bisa naik hai..tayo hai..tayo dua rebu saja turun di halte Mall Tangcity. Rukonya itu disebelah kanan halte patokannya lurus sampai holand bakery belok kanan lalu belok kiri, lokasinya sebrangan sama jalanan umum yang di depannya kantor Imigrasi.

Pas dateng disambut sama mbak-mbak yang duduk sendirian di meja receptionist. Terus cek suhu dan pakai hand sanitizer, canggih alatnya tanpa sentuh. Lalu kita ditanya udah reservasi belum, kita jawab udah atas nama Lisa & Ruli sebutin nama lengkap.

Design kliniknya kayak eropa-eropa gitu jadi gak keliatan lagi sakit di rumah sakit banget yang you know lah ya..

FDC Dental Clinic Tangerang City
Dok. Pribadi Lisa Deslina

Dikasih form pernyataan gitu bahwa kita sedang dalam keadaan sehat, terus dikasih lembar untuk rekam medis di ceklis jika ada riwayat penyakit kayak darah rendah - maagh - sama apa ya lupa. Pokoknya aku ceklis yang maagh, karena emang iya.

Terus kita disuruh naik ke lantai 3, pas mau sampai di depan ruangan seorang mbak-mbak asisten udah menyambut. Kita perawatan sama drg.Martha Leica (dokter gigi umum). Sebelum perawatan konsul dulu sama dokternya ditanya keluhannya apa aja..

Lalu.. di minta rebahan di kursi hijau-hijau yang khas kalo ke klinik gigi.

"kamu dulu aja"
"kamu dulu aja kan belum pernah"
"kamu dulu aja aku liat dulu"

 

a few moments later... okelah aku duluan.. aku diminta dokter ica kumur-kumur selama 20 detik. Aku gak tau ini air biasa atau dikasih obat tapi rasanya bikin gigi ngilu banget. Kemudian cek gigi pakai kamera oral, kita sama-sama lihat kondisi gigi di layar monitor. Ditanya terkahir kali scaling kapan
"tahun 2018 dok"

"Sudah lama ya, berarti sudah tau rasanya scaling gimana, nanti kalau sakit angkat tangan kiri ya" terang dokter ica

 

Lalu mulai scaling rasanya ngilu bingit tapi masih bisa ditahan. Terakhir scaling gak sengilu ini apa gara-gara kumur 20 detik tadi? sekitar 35 menit prosesnya karena di jeda-jeda. Dokter ica nanya "ini sakit ga.." kayaknya sih didaerah gigi berlubang aku, tapi lagi gak sakit pada saat itu. Sebelum selesai di cek lagi sama dokter, terus disaranin pakai fluoride untuk melapis gigi biar gak ngilu dan gak gampang berlubang biayanya Rp150 ribu kalo gak setuju bisa nolak, kalo setuju nanti kita tanda tangan.

Scaling FDC Dental Clinic Tangerang City
Dok. Pribadi Lisa Deslina

Nah jadi ini gunanya booking fee pasti deh kalo di FDC itu ada biaya lainnya jadi bawa uang lebih aja. Menurut aku beda dokter beda treatmentnya, kalo adik aku si restu gak ditawarin fluoride tapi stain Rp250 ribu karena ada noda di gigi yang perlu teknik khusus dibersihkannya.

Balik lagi ke perawatan gigi aku ya, setelah aku dan ruli scaling, kita duduk lagi di depan meja bersama dokter ica. Disitu dokter ica menjelaskan problem gigi aku yang sensitif terus dikasih tips cara gosok gigi yang benar untuk gigi sensitif disaranin pakai pasta gigi kayak Sensodyne (abis dari klinik aku langsung beli di alfamart), juga soal gigi graham yang bolong itu diperkirakan Rp500-600 ribu (karena ukurannya sedang menuju dalam, dan gak bisa dihari itu juga karena waktu kita gak cukup. Oke deh next month aja.

Usai itu kita turun ke bawah ke mba receptionist/admin kaliye sebutannya. Kita bayar rinciannya sebagai berikut:

*Biaya scaling Rp0,- alias gratis
*Biaya admin pasien baru Rp125 ribu (dapat potongan diskon Rp50 ribu kalau posting foto di instagram mention @fdc.dentalclinic) jadi sisanya Rp75 ribu.
*Biaya fluoride Rp150 ribu
*Dikurang booking fee Rp50 ribu

TOTAL Rp75 ribu + Rp150 ribu - Rp50 ribu = Rp175 ribu
nanti kita dikasih selembar kwitansi pembayaran. Bisa bayar pakai uang tunai atau kartu debit, karena disana ada mesin EDC juga.

Biaya admin pasien baru yang Rp125 ribu (kalau gak posting di instagram) itu cuma dibayar sekali, untuk selanjutnya biaya admin perkedatangan hanya Rp20 ribu dan langsung reservasi ke admin cabang klinik, sedangkan kalau mau ikut promo itu hubungi admin pusat dan perlu booking fee gitu biar kebagian slot.

Itulah pengalaman aku free scaling di FDC Dental Clinic Tangerang city yang tidak full gratis juga. Yaa lumayan kalau biaya normal scaling gigi disitu kisaran Rp199-499 ribu tergantung grade dan belum flueride/stain. Kalau bayar sendiri bisa abis Rp500 ribuan. Jangan lupa ya teman-teman scaling gigi minimal 6 bulan sekali ke dokter gigi.


With love,
Lisa

You May Also Like

0 comments

Hi, silahkan tinggalkan komentar terbaikmu ya. Mau berbagi cerita boleh banget! Thank you.

Views

Community & Support

Intellifluence Trusted BloggerBlogger Perempuan