Pengalaman Pengkinian dan Tukar Kartu ATM BCA Lama ke Kartu Chip

by - November 03, 2021

Tukar kartu atm bca ke chip



Kegalauan aku sama BCA itu dimulai dari perubahan KTP print laminating itu you know yaa.. ke E-KTP tahun 2017 yang mana NIKnya itu berubah. Wah itu perjalanan panjang banget urus perubahan NIK sampai jadi E-KTP karena NIK KTP print aku sekeluarga kecuali mama itu gak muncul pas mau daftar E-KTP di disdukcapil, kok bisa? ya aku juga bingung sampai sekarang).

Lanjut, pada saat itu aku masih pakai aja tarik tunai dan transfer lewat mesin ATM, nyesel belum bisa pakai mobile banking dan mikir kenapa dulu pas bikin di tahun 2013 gak sekalian aktivasi! Dan untuk aktivasi itu ribetkan mesti datang ke bank dan KTP nya harus sama terus E-KTP gue gimana?

Sempet tahun 2018 dateng ke cabang asal rekening BCA aku dan ingin ajuin tutup rekening, mau bikin BCA Xpresi aja deh yang biaya adminnya lebih ringan tapi manager banknya bilang gini "Gpp pakai aja dulu gak usah ditutup daripada nanti gak bisa bikin lagi karena belum ada pekerjaan" ya Allah sad.. emang pada saat itu aku belum tau blogger dan menulis freelance itu sebwaah pekerjaan. Nyesek sampai gak mau balik lagi ke situ.


Terus tahun 2020 kemarin aku pikir itu rekening bakal tutup otomatis setelah 6 bulan nol gak ada transaksi sama sekali terus iseng nyoba daftar rekening BCA via online dengan NIK E-KTP yang sekarang tetep aja dong aku kebaca sudah memiliki rekening jadi gak bisa buka disaranin datang ke cabang untuk urus tutup rekening/pembaruan data.

Dan CS nya bilang kalau tutup buku bakal kena biaya admin Rp50 ribu? Udahlah aku nyerah urus BCA. Munculah kabar bahwa kartu ATM strip itu mudah jadi objek skimming jadi menurut putusan BI kartu ATM harus mulai pakai chip. Pas kita buka klikbca juga ada pemberitahuan tentang wajib tukar kartu ATM BCA lama ke chip sebelum 31 November 2021.


Awalnya nyoba aja ya, bulan september 2021 kemarin aku datang ke cabang BCA lain (bukan tempat awal bikin) tapi masih satu kota. Aku bawa E-KTP, NPWP, buku rekening, dan tentunya kartu ATM yang lama yang warna kuning biru belakangnya silver itu.

Datang jam 8 pagi terus antre bilang ke satpam mau pengkinian data rekening dan tukar kartu ke chip terus ditanya tuh "data apa yang mau diperbaharui" aku jelasin dulu pas daftar masih KTP lama belum E-KTP pak ada perubahan NIK. Terus aku dikasih nomor antrean.

Terus gak lama dipanggil nomor antrean aku, gak langsung ke CS tuh sama security dua orang di ajak ke mesin cs online (yang bisa keluarin kartu ATM gitu) suruh tempel E-KTP scan barcode suwer baru kali ini liat E-KTP dipake scan cuma di BCA!!! keren gak tuh!

Ya karena E-KTP aku belum masuk sistem ya gak bisalah digunain di mesin cs digital. Terus mereka ngomong gini "bener pak perlu pembaruan data" dih gak percaya si bapak 'kan gue dah bilang NIKnya beda!


Terus disuruh duduk nunggu dipanggil, karena emang antre bangetkan semenjak warga korona menyerang. Akhirnya dipanggil.. ditanya sama mbak-mbak CS ada yang perlu dibantu..

Aku jelasin mau pengkinian data KTP dan tukar kartu ke chip. Ngomongnya disini agak tereak ya karena ada sekat diantara kita udah gitu kanan kiri orang juga ngomong.

Prosesnya lumayan lama sih, dan berkas yang perlu ditanda tangan ada banyak, ditanya pekerjaan apa sekarang dengan percaya diri aku jawab 'Blogger' nama webnya deslinalisa.com, terus scan sidik jari, tanda tangan digital, foto, sampai suruh milih mau kartu blue mastercard atau blue GPN (gerbang pembayaran nasional) kayaknya gue belum ada niat buat belanja di luar negri juga yauda GPN aja nanti kalau pilihnya mastercard kita diminta kasih alasan kenapa pilih mastercard.

Dikasih kartunya, aktivasi pin pakai pin lama atm, terus kalau mau aktivasi mobile banking ke mas-mas yang sebelah mesin cs digital. Kayak biasa masukin nomor ATM dll, terus jangan lupa harus ada pulsa sms minimal Rp5 ribu untuk nerima link aktivasi mobile banking.




Akhirnya aku pakai lagi deh kartu BCA aku wkwkwk ternyata kegalauan aku selama ini untuk pakai mobile banking cuma perlu pengkinian data ajah! Ya dulu perkara belum tau kalau blogger itu adalah sebwaah karir. Buat yang belum tukar ke chip dan gak punya masalah data rekening bisa tukar langsung pakai mesin CS Digital yang ada di cabang-cabang BCA.

You May Also Like

0 comments

Hi, silahkan tinggalkan komentar terbaikmu ya. Mau berbagi cerita boleh banget! Thank you.

Views

Community & Support

Intellifluence Trusted BloggerBlogger Perempuan