Cara Mudah Menanam Kemangi dari Biji, 3 Hari Sudah Sprout Pakai Cocopeat!

by - April 18, 2021


Photo by Caspar Rae on Unsplash


Hai, aku mau bagi tips menanam kemangi si lalapan yang enak banget dimakan pakai sambal dan nasi hangat. Sekedar informasi ini adalah kali ketiga aku ingin menanam kemangi lagi. Jadi sudah ketiga kalinya aku membeli benih kemangi dengan berbeda merek. Aku ceritain satu satu ya..

Jadi, di awal tahun 2020 lagi hype berkebun di rumah "seru nih" belilah aku beberapa benih tanaman berikut benih kemangi tanpa aku tau mereknya apa di shopee @benihseribuan karena tidak disebut diketerangan produk. Ya, aku pikir belum perlu beli benih banyak jadi beli seribuan aja cukup, ternyata diluar ekspektasi, benih kemangi malah gagal tidak tumbuh sama sekali. Sudah aku ajak ngobrolpun dia tidak bangkit juga dari kubur, sedih.

Karena aku masih penasaran, pertengahan tahun 2020 untuk kedua kalinya aku beli benih kemangi lagi. Ya gimana ya mamaku suka bikin pepes, aku juga suka banget makan lalapan kemangi dicoba semai lagi dong! Kali ini aku beli merek @pandafarm harganya terjangkau Rp9ribu-an. Dan tidak tumbuh juga. Padahal gambarnya menjanjikan.

Akhirnya aku berfikir "kenapa ya benih yang aku beli tidak ada yang tumbuh, yang salah apanya!"

Dan aku memutuskan untuk ganti media tanam dari tanah subur ke cocopeat+sekam bakar saja. Minus tanah subur yang terakhir aku beli itu berjamur, akar mudah busuk, banyak cacing, dan hama. Dan itu tidak baik untuk tanaman muda. Hal tersebut aku ketahui setelah menonton beberapa video tips berkebun di YouTube. Dan buruknya media tanam yang terakhir aku beli aromanya beda dengan media tanam subur yang pertama aku beli di toko yang berbeda. Apakah palsu?


cantiknya bayi-bayi kemangiku

Untuk ketiga kalinya masih berusaha ingin menanam kemangi. Aku ikutin cara Ayudia C semai kemangi di instagram storynya. Aku beli kemangi tidore merek Garuda Seeds walau kayaknya banyak banget isi 3gram. Tapi jeng-jeng-jeng benihnya sprout dalam waktu 2-3 hari, gak nyangka! Alhamdulillah. Oh belum berhenti sampai sprout. Masih panjang perjalanan sampai kemangi tumbuh dewasa. Tunggu update dari aku.

Buat yang mau nanem kemangi bisa coba tips dari aku berikut ini. Dijamin benih kemangi sprout (pecah benih) dalam 2-3 hari!

Penting: Belilah benih unggul, aku rekomendasikan untuk yang pertama kali tanam kemangi bisa coba beli Garuda Seed Kemangi Tidore. Jangan sampai beli yang abal-abal, hati-hati kecewa 😆

Sekilas bijinya mirip selasih, apa ini selasih?

  1. Ketika baru beli media tanam cocopeat/lainnya dibuka dulu semalaman untuk mendinginkan suhunya. Karena pecah benih bisa gagal kalau media tanamnya panas.
  2. Semai saat pagi hari atau sore. Kalau saya setiap jam 6-7 pagi atau jam setengah 6 sore, kadang kalau gabut malam-malam juga semai benih.
  3. Basahi media tanam disemprot air saja jangan diguyur.
  4. Lalu buat segaris pakai ujung jari, lalu sebar benih sedikit-sedikit jangan sampai numpuk.
  5. Tutup pakai cocopeat/media tanam dari sisi kanan-kiri garis.
  6. Semprot lagi dengan air, halus saja. Lalu tutup dengan plastik agar lembab.
  7.  2-3 hari kemudian buka plastik dan sudah sprout. Jangan siram air terlalu sering dulu karena tanaman masih kecil, nanti bisa busuk akar.
  8. Sabar tunggu numbuh daun lagi baru semprot air halus saja.
  9. Kenalin matahari kalau sudah tinggi 3 cm. Full sun. Pindahin saat hujan, karena masih kecil nanti tenggelam.

Saat biji kemangi terkena air akan muncul selaput putih. Bentuknya akan sama seperti saat kita sedang seduh biji selasih untuk minuman.

Ini sudah tumbuh daun generasi ketiga
Itulah tips dan sharing tentang cara menanam kemangi dari benih atau biji. Semoga bisa kalian terapkan di rumah. Selamat berkebun!

You May Also Like

0 comments

Hi, silahkan tinggalkan komentar terbaikmu ya. Mau berbagi cerita boleh banget! Thank you.

Views

PART OF


Intellifluence Trusted BloggerBlogger Perempuan