2 Olahan Kedelai Favorit: Pangan Dari Hutan yang Enak dan Kaya Nutrisi

by - Februari 04, 2020

Ilustrasi Vegan burger. Image by unsplash.com/@tomsdg
Tahu atau tempe? Makanan berbahan dasar kacang kedelai ini mudah dicari dimana saja. Di pasar, di supermarket pun ada. Saya suka keduanya terlebih sekarang banyak inovasi menu sehat yang menggunakan tempe dan tahu.

Beberapa bulan terakhir ini saya mengikuti komunitas tempe di instagram namanya @tempemovement "beralih ke tempe" keren ya! Tempe ada komunitasnya lho, jadi komunitas ini fokus membahas tentang tempe mulai dari cara pemilihan kedelai terbaik untuk dijadikan tempe, terus cara pembuatan tempe, hingga resep memasak tempe yang lezat. For your information saja, makanan khas Indonesia ini juga berhasil menarik wisatawan untuk belajar membuat "tempe" khususnya bagi mereka yang vegetarian.

Alasan suka tempe dan tahu
Tempe adalah makanan yang dibuat dari hasil fermentasi, sedangkan Tahu adalah makanan yang dibuat dari endapan perasan biji kedelai yang mengalami koagulasi. Tahu dan Tempe mengandung kalsium yang sangat dibutuhkan tubuh untuk membantu kinerjanya lebih maksimal.



Keduanya sama-sama menggunakan bahan baku yang berasal dari hutan yakni kacang kedelai. Pangan dari hutan ini sangat saya sukai alasannya adalah:

  1. Menjaga berat badan ideal, kebetulan saya sedang program untuk menggemukkan badan dari 45 kg menjadi 50 kg. Salah satunya dengan rutin mengkonsumsi susu kedelai, tempe, dan tahu kukus.
  2. Harganya ekonomis dan mudah ditemukan.
  3. Rasanya enak dan lebih sehat.
  4. Bisa di masak macam-macam seperti: burger kita bisa menggantikan daging sapi dengan tempe. Berikut resep yang saya pernah buat.
Resep BURGER TEMPE PIZZA
  • 2 bh roti burger
  • 250 gr tempe
  • 2 Bawang putih, haluskan
  • Lada bubuk, secukupnya
  • Garam, secukupnya
  • Terpung terigu
  • Tepung sagu
  • Oregano
  • 1 buah tomat
  • daun selada
  • mentimun
  • Mayonaise
  • Saus sambal
Cara membuat
  1. Kukus tempe supaya teksturnya lembek, hancurkan dengan garpu.
  2. Masukkan bawang putih halus, tempe, tepung terigu, oregano, ke dalam wadah dan campur dengan air secukupnya.
  3. Bentuk adonan tempe menjadi bulat. 
  4. Masukkan tempe yang sudah dibentuk ke dalam adonan tepung.
  5. Lumuri lagi dengan adonan kering Tepung.
  6. Goreng hingga kuning kecoklatan.
  7. Letakkan roti burger bagian bawah. Olesi dengan butter, saus sambal atau mayonaise secukupnya.
  8. Letakkan selada, tomat, mentimun secara bertumpuk di atas roti.
  9. Kemudian letakkan tempe di atas sayuran.
  10. Tutup dengan roti burger bagian atas, siap santap.
Gak cuma enak dijadikan isian burger berikut beberapa contoh kreasi olahan dari tempe dan tahu: 


Manfaat makan tahu dan tempe
Untuk saya yang tidak bisa makan daging merah seperti sapi tentu menjadi masalah yang pelik ketika tahu tubuh saya juga butuh asupan protein terlebih saya ada riwayat darah rendah. Tahu dan Tempe bisa menjadi pengganti asupan protein untuk tubuh saya.

Perlu kalian ketahui Tahu dan Tempe adalah salah satu dari olahan makanan dari hutan yang kaya manfaat dan nutrisi untuk tubuh dan kesehatan jangka panjang kita karena berasal dari kacang kedelai. Kandungan gizinya pun banyak seperti:

Kalori, Karbohidrat, Air, Protein, Gula, Serat, Lemak, Vitamin, Vitamin C, Vitamin D, Vitamin E, Vitamin K, Vitamin B1, Vitamin B2 (Riboflavin), Vitamin B3 (Niacin), Vitamin B5 (Panthothenic acid), Vitamin B9 (Folat), Kalsium, Zat Besi, Magnesium, Fosfor, Potassium (Kalium), Sodium, dan Zinc.

Dengan mengkonsumsi tempe dan tahu dari kedelai sebagai pangan sama saja kita telah berkontribusi pada pencegahan, pemulihan hutan Indonesia. Semakin ada minat terhadap kebutuhan kedelai otomatis kita harus melestarikan tanaman dan tumbuhan di dalam hutan. Mari pulihkan hutan Indonesia dengan terus mengkonsumsi pangan dari hutan bersama WALHI atau Wahana Lingkungan Hidup Indonesia ini adalah organisasi yang fokus dibidang lingkungan hidup di Indonesia.

Tahu nggak, Indonesia ternyata dinobatkan sebagai salah satu negara dengan keanekaragaman hayati tertinggi di dunia. Berdasarkan data FAO tahun 2010 hutan dunia, Indonesia termasuk di dalamnya hutan secara total menyimpan 289 gigaton karbon dan memegang peranan penting menjaga kestabilan iklim dunia. Saya sangat bersyukur lahir dan tinggal di Indonesia bisa bertemu tempe dan tahu pangan dari hutan yang kaya nutrisi dan enak.


Catatan: artikel ini di ikut sertakan dalam lomba 

You May Also Like

4 komentar

  1. Tahu dan tempe makanan favoritku juga. Kalau di tempat saya banyak yang jual tempe mendoan karena itu makanan khas kotaku, Kebumen

    Kangamir dot kom

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Kak Amir, sama dong! Yhaa saya jadi pengen makan tempe mendoan, sayang tempe mendoan kalo di Tangerang jarang yg jual, Huhu..

      Hapus
  2. Tempe ini luar biasa ya manfaatnya, tinggal kita manfaatkan aja sebaik mungkin

    BalasHapus

Hi, Silahkan tinggalkan komentar terbaikmu. Mohon maaf komentar spam/ link aktif tidak akan dipublish. Subscribe ya untuk menerima notif artikel terbaru. Thank you.

Blogger Perempuan