Mudah, Ini Resep Sempol Ayam Pedas with SKIPPY Sauce Cocok Untuk Berbuka Puasa



Ramadhan penuh rindu,

Waktu rasanya berjalan cepat sudah masuk bulan ramadhan aja nih. Bulan yang selalu di nantikan umat muslim sedunia setiap tahunnya. Jadi rindu masa kecil.

Semakin berumur bulan ramadhan udah gak seheboh waktu kecil. Dulu pernah main umpetin sendal temen yang lagi teraweh, lari-larian hindarin petasan kupu-kupu (Gak boleh di contoh), ohya malemnya tadarusan di mesjid sama teman-teman sampai jam 11 malem kejar hatam al-qur'an 30 juz.

Namanya masih kecil teraweh suka sampe tengah aja terus tergoda jajan gorengan, sosis dan ayam-ayaman dekat mesjid (Anak tahun 90'an pasti tau ayam-ayaman itu makanan apa) yang di cocol sama saus sambal.

Sorenya di bulan puasa banyak banget yang berjualan takjil untuk berbuka lengkap dari yang manis, asin, asem, pedas ada semua! Apalagi di deretan dekat kantor kecamatan cibodas, Tangerang nih dekat rumahku.

Mulai ramai ba'da ashar. Mau apa aja ada kayak kolak, jamur krispi, kebab, lauk mateng, nasi Padang, soto Lamongan, sempol ayam, risoles, es buah, es kacang kedelai, seblak, asinan, sate, martabak, sampe es bubble Chocolatte yang ngantrinyaa panjang banget! harganya berkisar dari Rp 5 ribu sampai Rp 20 ribu.

Saking banyaknya orang-orang cari takjil jalanan jadi macet, padat dengan suara klakson yang saut-sautan. Kadang aku suka gak sanggup buat jalan kesana. Antara pejalan kaki, motor, angkot, mobil pribadi rebutan aspal. Huh, jadi kadang aku suka bikin aja sendiri takjil di rumah.

Kali ini yang aku buat adalah sempol ayam. Makanan/ jajanan ini asalnya dari Kota Malang. Bikinnya mudah banget kamu pasti suka, berikut resepnya:

Sempol Ayam Pedas with SKIPPY Sauce

 deslinalisa.com

Siapkan bahan-bahan berikut ya!

Adonan Sempol:

250 gr daging ayam, dihaluskan.
5 sdm tepung sagu
2 sdm tepung terigu
1 butir telur
2 bawang putih, di haluskan
2 bawang merah, di haluskan
1 sdt bubuk cabai asin
garam dan lada secukupnya.
8 batang lidi

Celupan:
1 butir telur, di aduk.

Sambal kacang:
2 sdm SKIPPY Peanut Butter (Bisa yang creamy/ chunky)
1 bawang merah, di iris
Minyak, gula, kecap, Air secukupnya

Taburan:
Bubuk cabai asin

Cara membuat:

1. Campur dan aduk bahan sempol.

 deslinalisa.com


2. Beri telapak tangan minyak sayur agar tidak lengket, ambil adonan balurkan ke lidi dari atas tarik pelan-pelan ke bawah. Lakukan sampai adonan habis.

3. Rebus sempol, angkat jika sudah mengambang. Tandanya sudah matang.

 deslinalisa.com

4. Panaskan minyak dengan api sedang, celupkan sempol ke kocokan telur satu persatu. Goreng sampai agak kecoklatan. Tiriskan.

5. Sambal kacang: tumis bawang dengan api kecil, masukan SKIPPY, tuang air sedikit tambahkan gula dan kecap. (Jangan terlalu lama masak sambelnya).

6. Taburi dengan bubuk cabai, sajikan!


 deslinalisa.com





Tinggal tambah nasi dan teh manis hangat. Mudah bukan resep Sempol Ayam Pedas with SKIPPY. Buat aku yang suka hal praktis bikin sambel kacang gak pake repot.

Langsung tuang aja gak perlu pake ngulek lagi. Rasa SKIPPY Peanut Butter juga sudah gurih jadi bisa mengurangi penggunaan garam. Yuk, coba resep ini untuk berbuka puasa nanti!

#30HariKebaikanBPNxSkippy

Tidak ada komentar:

Hi, Silahkan tinggalkan komentar terbaikmu. Mohon maaf komentar spam/ link aktif tidak akan dipublish. Subscribe ya untuk menerima notif artikel terbaru. Thank you.

Diberdayakan oleh Blogger.