Bukan Sekedar Keren Ini Alasan Suka Lagu-Lagu iKON [KPOP]

Sumber: Pinterest

2018 Resmi Jadi iKONIC.

Sebagai manusia yang nggak jauh dari media sosial, saya menjadi mudah tau terhadap berita yang lagi in, tak terkecuali soal KPOP atau Korean Pop. Walaupun tulisan dan bahasa Korea itu tidak menggunakan alphabet seperti bahasa Indonesia & bahasa Inggris sehingga bahasanya itu sulit di mengerti dan di ucap. Tapi, mengapa negara mereka bisa menginfluence dunia dengan tetap memakai bahasa Korea. Penasaran nggak sih?

Awal tau tentang Korea itu mulanya dari drama tahun 2009 yang diperankan oleh Lee Min-Ho dan Kim Bum yaitu Boys Before Flowers (BBF) atau kalau di Korea di kenal dengan Boys Over Flower itupun saya dikasih tau oleh teman saya yang bilang "seru lho ceritanya" waktu itu tayang malam hari di TV Indosiar atau di RCTI yaaa lupa deh. Dan emang benar ceritanya itu menarik, kocak, ada sedihnya juga.

Pada waktu itu sama sekali gak tau tentang girlband or boyband kayak iyuh aja gitu cowok-cowok nari dan ada pula cewek-cewek dengan gaya imut manja hhmmmm gak banget. Sampe akhirnya tau salah satu lagu soundtrack drama BBF adalah SHINee, yups SHINee adalah boygroup asal Korea dibawah naungan SM Entertainment.

Selanjutnya wabah KPOP mulai masuk ke Indonesia dimulai dari Super Junior, SNSD, 2NE1. Sampe akhirnya di Indonesia bermunculan boyband dan girlband yang pada akhirnya bubar kayak SMASH, Cherrybelle, btw katanya sih SMASH comeback lagi.

Nah, event Asian Games 2018 kemarin benar-benar mencuri perhatian dunia. Selain bangga Indonesia menjadi tuan rumah yang otomatis bisa mempromosikan budaya, wisata di Indonesia bisa lebih di kenal dunia. Di penutupan event tersebut ada penampilan dari 2 boygroup Korea Selatan yaitu Super Junior dan iKON. Wah, keren banget!

Siapa sih iKON itu? Nah ini adalah mereka, terdiri dari 7 orang cowok.

iKON by MSN.com
Sarangeul haeda, uriga manna
Kita jatuh cinta, kita bertemu

Jiuji moshal chueogi dwaeda
Kita menjadi kenangan yang takkan terhapus

Bolmanhan mellodeurama
Ini adalah melodrama yang indah

Gwaenchanheun gyeolmal
Dengan akhir cerita yang bagus

Geugeomyeon dwaeda neol saranghaeda
Itu sudah cukup, aku mencintaimu 

(Penulis lagu: Cheong Jae Lee / Han Bin Kim / Ji Won Kim / Rae Seong Choi / Yo Bi Kim)



Lagu yang rilis awal Januari 2018 ini dari lirik yang menyentuh sampai musik yang asik benar-benar membius hati setiap yang mendengarnya. Dari kemunculannya di Asian Games 2018 saya mulai searching semua tentang iKON.

Btw, iKON dibentuk benar-benar dari kekalahan. Awalnya mereka adalah trainer di YG Entertainment yang sudah 2 - 5 tahun berlatih sampai akhirnya kesempatan untuk debut diperebutkan lewat kompetisi WIN (Who is next) dari YG Ent. Ada dua group Team A dan Team B. 6 Member iKON ada di Team B ini. Sampai akhirnya mereka kalah dan muncul boygrup baru WINNER sebagai pemenang.

Terus CEO YANG HYUNSUK mengatakan akan membuat kompetisi lagi untuk Team B yang namanya Mix n Match disinilah terpilih Jung Chan-woo sebagai maknae anggota terakhir iKON. Waktu yang dibutuhkan iKON untuk debut lama banget saya sampe ikut sedih nonton acaranya, kalian bisa lihat di YouTube. Tahun 2017 juga ada iKON TV di YouTube channelnya seputar keseharian para member dan kekonyolan mereka.

Dulu image artis jebolan YG Entertaiment itu 'sangar & serem' selalu pakai aksen warna serba hitam. Namun sekarang 'agak' berubah imagenya mungkin setelah iKON dan BlackPink debut.

Sumber: Pinterest/ Soompi


iKON terdiri dari 7 cowok tahun kelahiran antara 1994 - 1998, ada:
  • Kim Han-bin / B.I, sebagai leader & rapper. Suaranya serak-serak gitu, dia pandai bikin lagu.
  • Kim Ji-won / BOBBY, sebagai rapper yang punya suara keren, waktu kecil pindah ke Amerika dan balik lagi ke Korsel untuk menjadi Idola.
  • Kim Jinhwan / JAY / Jinan, member tertua dan terpendek di iKON, tapi suaranya juara.
  • Koo Jun-hoe / JUNE, punya suara rock yang gokil dan pandai bikin puisi.
  • Song Yunhyeong / SONG, disebut visualnya iKON yang jago masak, baru bikin channel YouTube Yunhyeong iKON.
  • Kim Donghyuk / DONGI / Dong-dong, dancenya jago dan suaranya lembut hampir mirip suara Taeyang Bigbang.
  • Jung Chan-woo / CHAN, sang maknae yang pandai akting dan hobi main games, btw dia punya channel YouTube.

Nah ini alasannya kenapa saya suka iKON:
  1. Pertama, mereka tidak mengandalkan visual wajah, tapi karya dan suara. Jujur aja mereka itu wajahnya biasa-biasa aja tapi berkharisma. Nggak kayak boy grup kebanyakan yang imagenya tampan dan sexy. Tingkah laku mereka ber7 selayaknya anak muda yang normal dan tidak banyak akting untuk sekedar jaga image.
  2. Kedua, mereka berbeda satu sama lain dari bentuk wajah, warna suara masing-masing member, & hobinya juga berbeda-beda. Jadi mudah di hapal. Chemistry diantara ke-7nya juga erat banget.
  3. Ketiga, kualitas vokalnya bagus. Antara suara rekaman sama suara menyanyi pas Live itu sama malah semakin terdengar bagus.
  4. Ke empat, mereka tidak banyak memakai make up.
  5. Ke lima, setiap lagunya memakai musik yang berbeda-beda. Lagunya diciptakan sendiri. Serta lirik dan dancenya itu hidup gitu. Apa yang di ucap sesuai dengan bahasa tubuh melalui gerakan dancenya.
Lagu iKON yang saya suka:
  • Love scenario
  • I'm OK
  • Goodbye road
  • Just for you
  • Best friend
  • Apology
  • Don't forget
  • Freedom
  • Everything
  • Killing me
  • Jerk
  • dan Love me

Saya suka semua member iKON. Btw, B.I punya akun soundcloud nama akunnya 131 dia udah upload 5 lagu yang dia tulis sendiri. Penasaran mau denger lagunya? dibawah ini adalah dua lagu B.I iKON di soundcloud.





--UPDATE--
So sad mendengar berita skandal Hanbin (B.I) Juni 2019 dan dia sampai memutuskan keluar dari iKON 😖. Awalnya gak percaya paling cuma lelucon, tapi mau gimana lagi dong DISPATCH media terhoror Korea Selatan yang UP berita tahun 2016. Buat yang gak tau harus baca dari awal kasusnya biar gak ngaco.

Bobroknya itu menurut saya dari atas yaitu YG Ent, lingkungan YG, sekali lagi YG yang mana sebelumnya juga ada skandal dari seniornya iKON yaitu BIGBANG dan 2NE1 gak jauh dari obat-obatan.

Tapi, masih aja 'gue' gak percaya Hanbin 'make'. Semoga Hanbin tetap menulis lagu lagi.

Pesan untuk fans luar Korea Selatan menurut saya, don't judge a book by it's cover. Bukan berarti kita harus negative thinking kepada seorang public figure, tetapi berharap dari apa yang terlihat saja itu sungguh tidak bijak.

Cheers.

Tidak ada komentar:

Hi, Silahkan tinggalkan komentar terbaikmu.
Mohon maaf komentar spam/ link aktif tidak akan dipublish.
Subscribe ya untuk menerima notif artikel terbaru. Terima kasih :)

Diberdayakan oleh Blogger.