new videos

Inovasi Digital Set Top Box Polytron, Nonton TV Lebih Jernih dan Jelas



Lisa pakai Polytron?

Iya dong Polytron, brand asli Indonesia milik PT Indonesian Electronic and Engineering yang baru saja merayakan HUT ke-47 ini sudah eksis sejak tahun 1978 dengan produksi pertamanya TV Black & White TV 20 inch. Sejak saat itu Polytron menjadi brand nomor 1 di Indonesia tahun 1980.

Tidak hanya itu, perusahaan yang didirikan oleh Robert Budi dan Michael Bambang pada tahun 1975 ini berhasil memasarkan produknya hingga ke 40 negara dan terus berinovasi mengikuti perkembangan teknologi dunia.

Salah satu produk inovasi Polytron terbaru yang sedang aku gunakan adalah Set Top Box alat pengubah siaran TV Analog menjadi TV Digital sehingga gambar menjadi jernih, suara jelas, channel banyak, dan gratis tanpa internet.

Sudah dengar 'kan berita pemerintah Indonesia akan memberhentikan siaran TV Analog pada tanggal 2 November 2022. Yups, sekitar dua minggu lagi, apakah TV kamu sudah pakai STB (Set Top Box) atau malah bingung cara pasanganya? Tenang berikut aku kasih tau caranya:

Set Top Box Polytron DVBT2 tipe PDV 600T2



DVB (Digital Video Broadcasting) Terrestrial atau Set Top Box Polytron tipe ini harganya Rp229 ribu di Shopee Official Polytron Indonesia, sangat terjangkau. Disebut SET TOP BOX karena memang satu set perangkat untuk TV Digital.

Fitur:
  • Sistem Peringatan Dini (EWS)
  • Panduan Jadwal Program Siaran (EPG) 7 hari.
  • Antena Digital Ready (Power Antena)
  • HD Media Player 1080p (Full HD)
  • Perekam Acara Favorit (PVR)
  • Penggeser Waktu Siaran (Time Shift)




Di dalam box kita dapet 6 item yaitu:
  1. Panel pesawat
  2. Satu kabel AV (Audio Video) 3,5mm.
  3. Satu adapter.
  4. Satu lembar buku petunjuk.
  5. Satu remote control + baterai AA.
  6. Satu kartu garansi (berlaku 12 bulan).
Awalnya aku bingung karena lihat tutorial di YouTube orang-orang pakai kabelnya banyak banget untuk setting set top box di TV LED. Ternyata setelah baca buku panduannya, gak ribet lho cara pasang set top box malah lebih mudah. Langsung aja caranya:

1. Siapkan Kabel HDMI

Sebelum mulai aku saranin banget beli kabel HDMI tapi kalau yang belum punya bisa pakai kabel AV bawaan dari Set Top Box Polytron. Kenapa Lisa pilih pakai HDMI? karena kabel HDMI mendukung kualitas gambar HD dan terlihat simple cukup satu kabel.

Harga kabel HDMI bervariasi mulai dari Rp30 ribuan, kalo punya aku ini yang warna pink gak tau harganya karena dapet free sewaktu beli TV. HDMI model HDTV 1,4a.

2. Colok kabel adaptor ke box panel pesawat bagian belakang (DC IN)

Letaknya ada di belakang box panel pesawat. Tinggal colok aja.

3. Colok kabel HDMI ke box panel pesawat bagian belakang, bertulis HDMI

Letaknya ada dibelakang box panel pesawat. Tinggal colok aja, pastikan masuk dengan benar ya! Jika kamu belum punya HDMI bisa pakai kabel AV bawaan dari STB Polytron.

4. Colok kabel antena ke box panel pesawat bagian belakang kiri, sangat disarankan pakai antena luar untuk dapet channel lebih banyak

Karena aku belum beli antena luar jadi aku sementara ini pakai antena dalem ruangan. Pakai antena dalem ini bisa dapet sekitar 30 channel. Antena dalam (ANT IN) sedangkan antena luar (ANT OUT), pakai salah satu.

Harga antena luar yang cocok untuk TV Digital yang paling terjangkau ada Rp145 ribuan di Shopee Polytron Indonesia, kamu bisa cek.

5. Instalasi: pasang baterai di kedua remote

Iya dua-duanya, harus ada baterainya juga, karena akan salin fungsi. Baterai remote STB Polytron jenisnya baterai AA dua buah.

Kedua remote ini perlu digunakan ditahap instalasi, jangan sampai remote TV sedang bermasalah ya, guys.

6. Salin fungsi remote TV ke remote STB



Awalnya aku pikir ini proses terabsurd, tapi karena TV jalannya pakai sinyal jadi ya cara ini perlu, valid, dan gak boleh di skip. Untuk detail kamu bisa baca di kertas buku panduan halaman 3.

Cara salin fungsi remote:
  1. Remote STB, tekan tombol merah pada area [TV OPERATION] selama 5 detik sampai lampu indikator nyala.
  2. Remote STB, lalu segera tekan salah satu tombol pada area [TV OPERATION] nantinya lampu akan berkedip-kedip.
  3. Pindah tekan tombol pada remote TV (kalo aku tekan semua tombol angka).
  4. Jika berhasil lampu akan berkedip 3x.
  5. Lalu kembali ke tekan salah satu tombol [TV OPERATION] remote STB untuk keluar dari mode menyalin. Selesai.

7. Jika sudah, nyalakan set top box dan TV

Colok adaptor dan kabel TV ke stop kontak listrik. Tekan tombol hijau kanan atas pada remote STB ke arah box panel pesawat, sehingga berubah dari lampu warna merah jadi kuning. Kemudian nyalakan TV dengan remote TV, tekan tombol INPUT pilih INPUT1 tekan OK/ENTER. Tunggu sampai tampilan Polytron menyambut.

8. Pilih bahasa dan kode Pos wilayah kemudian "OK"

Masukan kode pos sesuai wilayah kamu berada. Kemudian tunggu sampai masuk ke mode pencarian channel. Kalo kamu pakai antena dalem pastikan bukan di ruang tertutup, dan letakkan di tempat yang tinggi (contoh atas lemari).

9. Jika channel dapatnya sedikit, ulangi pencarian




Pilih tombol "MENU" lalu "SETTING" masukkan lagi kode pos, tekan "OK" tunggu sampai selesai.

10. Selesai, udah bisa nonton TV Digital deh!

Untuk ganti channel pakai remote dari STB Polytron, dapet yang baru bukan berarti remote lama dibuang. Remote TV masih dipakai untuk atur kontras, dsb.

Kalau kurang paham aku sudah buatkan video tutorialnya di YouTube silahkan ditonton, dan bagikan!





Pengalaman nonton TV Digital pakai set top box Polytron?

Ditambah aku pakai HDMI gambarnya makin jernih banget, suara jelas, gak hilang-hilangan, walau pakai antena dalem ruangan gak perlu lagi pindah-pindahin antena kayak waktu dulu, karena udah stabil sinyalnya.

Dan yang bikin aku kaget itu banyak channel TV daerah juga yang masuk. Aku baru tau ternyata banyak, lho TV daerah jadi gak salah sih pemerintah mengkampanyekan untuk beralih dari TV analog ke TV Digital karena Indonesia memang sudah siap go Digital.

Dijamin pakai set top box gratis tanpa ada bayaran lagi, karena aku sudah mencobanya.


Kenapa pilih set top box Polytron?

Alasanku pertama karena Polytron brand elektronik pelopor inovasi teknologi dan hiburan keluarga di Indonesia jadi kualitas dan pelayanan konsumennya juga mudah untuk one day ingin klaim garansi. Sesuai dengan visi & misi Polytron di website www.polytron.co.id 

Yang kedua Polytron rutin mendapat berbagai penghargaan brand elektronik terbaik. Selalu berinovasi dan bernilai dalam membuat produk juga mengikuti kebutuhan dan perkembangan zaman, contohnya:



Produk Polytron Homes saat pandemi COVID krisis kesehatan udara dan virus membuat produk unggulan:

1. Polytron Air Purifier
2. Peluncuran masker HANA
3. Multipurpose sterilizer
4. Box PUV 122W



Produk Polytron EV (Electronic Vehicle) mendukung GO-GREEN dengan motor listrik 'Polytron Evo' yang ramah lingkungan, bebas asap, zero emisi, dan tanpa bising.



Polytron AUVI (Audio dan Video) melangkah maju dengan teknologi Quantum Dot pada TV PLD 752V5902 QLED TV yang dapat membuat tampilan layar di TV terlihat jauh lebih hidup dan tampak kebih nyata.

Gimana gak bangga, terbuktikan dari produk awal Polytron adalah TV hitam putih hingga kini Polytron berkembang memproduksi elektronik dengan teknologi canggih, bangga buatan Indonesia.

Semoga HUT ke-47 Polytron terus maju dan berinovasi hingga anak cucu tua nanti tetap menjadi produk elektronik unggulan buatan Indonesia di mata dunia dan andalan hiburan keluarga.

Kepoin produk Polytron terbaru di sosial medianya:
Instagram:
@PolytronIndo
@Polytron.homes
@Polytron.auvi
@Polytron.ev

Tiktok @PolytronIndonesia
Facebook Polytron Indonesia

Segitu aja ulasan kali ini semoga tutorial cara pasang set top box Polytron di TV LED membantu, oh ya kalo produk Polytron andalanmu apa nih guys?

Komentar

Posting Komentar

Jika terjadi error saat publish komentar coba refresh browser dan ulangi tulis kembali. Thank you!

Form for Contact Page (Do not remove)