new videos

Charger Semangat Pesan GoRide dan GoFood di Aplikasi Gojek Pasti Ada Kejutan

gojek


Gojek aplikasi karya anak bangsa yang sudah di-unduh 100 juta lebih pengguna di Google Playstore ini menyediakan layanan transportasi online (GoRide, GoCar, GoBlueBird, GoBox, GoTransit, ), pesan antar makanan (GoFood), jasa antar logistik (GoSend), pembayaran (GoPulsa, GoNearby, GoTagihan, GoGive, GoSure, GoInvestasi, GoTix, GoPlay), kebutuhan sehari-hari (GoMart, GoShop, GoMall) dan produk ramah lingkungan (GoGreener) dengan metode pilihan cara bayar yang banyak sehingga masyarakat Indonesia terbantu dengan hadirnya termasuk aku.

Semenjak tahun 2018 memutuskan jadi freelance penulis atau sebutan kerennya 'penulis bayaran' hahaha! aku merasakan kerja dateng satu tempat ke tempat lainnya untuk hadir undangan meliput event. Bukan tiba-tiba memutuskan jadi freelance juga tapi lebih kayak ikut arus air aja berawal dari nulis artikel trend ide kue lebaran disuatu media online aku jadi sering diundang meliput bersama teman-teman community tentunya kita gak dateng cuma-cuma, kita dapet uang transport dan bayaran untuk 1 tulisan, juga ada tambahan uang untuk 3-5 tulisan terbaik.

Menjadi 'penulis bayaran' ini kita datengnya harus tepat waktu karena kalo telat kita bisa ketinggalan materi untuk tulisan untung ada aplikasi Gojek. Kebetulan rumahku itu di Kota Tangerang sedangkan event meliput itu dominan di Jakarta Selatan. Kalo acaranya siang masih okelah aman, tapi kalo pagi atau malem udah deh ketar-ketir sama waktu. Gojek dan KRL (kereta rel listrik) solusi sat set tepat waktu. Banyak cerita bersama Gojek namun kali ini aku hanya akan cerita pengalaman menyenangkan pesan GoRide dan GoFood.

Inget banget naik GoRide pertama kali itu ketika perjalanan pulang dari interview kerja di daerah Serpong yang gak ada jalur angkot masuk, bapak driver sopan banget waktu itu aku bayar tunai tanpa minta kembalian "gak usah kembali, pak" aku suka pakai voucher diskon cuma pada akhirnya ketika diperjalanan dirasa jauh jadi mikir "masa iya cuma bayar segitu" karena dulu tarif masih murah banget 'kan disitu bapak driver berkali-kali ucap "terima kasih" terharu aku. Kesan pertama pakai Gojek menyenangkan aku jadi langganan.

Motivasi tengah malam rute St. Tangerang ke rumah naik GoRide

pesan ojek online


Cerita pengalaman GoRide yang tak terlupakan pertama jadi akhir tahun 2019 yang lalu aku pernah pulang malam banget dari talkshow with Dian Sastro di daerah Kuningan, Jakarta Selatan dari tempat acara aku pulang naik GoRide sekitar pukul 8 lewat. Biasanya aku pulang sampai stasiun transit bareng sama temen-temen naik GoCar biar irit ongkos namun waktu itu gak memunginkan pesan ojek mobil karena macet jamnya orang kantor pada pulang kerja. Tentu sebelum pesan aku selalu cek dulu di aplikasi Gojek "mana nih stasiun paling deket yang ongkosnya juga hemat" kali ini yang terdekat adalah St. Karet.

Setelah dapat driver dan pick up lalu jalan ternyata aku tetap kejebak macet yang gak karuan walaupun nih abang Gojeknya udah motong jalan belok-belok ke jalan kecil rumah warga tetep aja balik lagi ke jalan raya yang macet gak ada ujungnya. Akhirnya sampailah di stasiun jam 9 malam pas tiba masuk ke stasiun keretanya jalan hiks! padahal udah ngebut banget buka helm dan kasih rating. Akhirnya aku harus nunggu lagi kereta berikutnya bersama orang-orang pulang kerja lainnya di dalam stasiun. 

Menunggu cukup lama sekitar pukul 9:15 WIB kereta yang aku naiki baru jalan, tentu saja aku berdiri dari St. Karet, St. Tanah Abang, St. Duri, sampai pertengahan jalan menuju St. Tangerang aku baru dapet bangku duduk, total ada 13 stasiun yang aku lewati. Raut wajah kusut, tertidur, udah biasa banget aku lihat di dalam kereta. Aku tiba di St. Tangerang pukul 22:23 WIB diperjalanan sebelum keluar stasiun aku order GoRide di aplikasi Gojek pakai voucher diskon (karena lumayan banget kalo berangkat sekitar Rp11 ribu sesudah diskon, pas pulang bisa Rp18 ribu) tidak lupa kasih keterangan aku pakai baju warna apa (biar driver ojolnya mudah mengenali).

"na nee noot" (kira-kira bunyi khas aplikasi Gojek saat kita berhasil membuat order)

Biasanya ketemu driver ojol di ruko merah simpati seberang gerbang stasiun. Nanti tinggal telponan biasanya bapak Gojeknya "dadah dadah" nanti. Dengan segala lelah yang ada waktu itu aku cuma ingin pulang cepet buat mandi terus rebahan. Lanjut perjalanan pulang, sembari jalan bapak ojolnya nanya...

"Biasanya lewat mana, nih"

"Lewat tembusan shinta bisa, atau lewat pabrik cokelat juga bisa" 

"Oh iya saya tau, abis pulang kerja atau kuliah, Dek"

"Kebetulan tadi ada kerjaan di Jakarta, Pak bareng Dian Sastro"  (jawabku pamer)

"Emang adek kerja apa?"

"Nulis, Pak jadi tadi ada talkshow pembicaranya Dian Sastro nanti ada tugas nulis dari situ"  (biar  terdengar keren gitu mention Dian Sastro Dian Sastro terus)

"Wah nulis apa, Dek"

"Artikel, Pak"

Si bapak langsung ngacungin jempol dong seraya berkata "Chakeup.."

"Nulisnya udah dimana aja nih"

"Nulis di media online pak sama saya ada website blog juga yah lumayan pak menyelam sambil minum air belajar sambil dapet uang. Daripada ngelamar kerja gak di panggil-panggil 'kan lebih baik buka lapangan kerja untuk diri sendiri" (aku menghibur diri)

"Bagus saya suka cara pemikirannya" 
"Biasanya cari referensi dari mana, apa udah nulis tentang biografi juga"

"Sekarang hampir semua referensi bisa cari di Google atau pengalaman hidup juga bisa dibikin artikel, Pak. Biografi udah pernah sekali"

"Keren, pernah sekali ya, dulu zaman saya masih kuliah buat bikin tulisan itu susah mesti ke perpus dulu, baca buku ke toko-toko. Duh sekarang zaman udah canggih tapi anak-anak mudanya aja pada males. Suka sebel saya tuh lihat anak-anak muda main game, nongkrong aja main game gak ada tuh kayak zaman dulu yang nongkrong ngobrol main gitar, padahal dari HP aja manfaatnya banyak, bisa dapet uang" (kenang bapaknya)

Sesekali dia bicara sambil lambaikan tangan kiri, sontak aku terdiam. Jemari tangan kiri bapak ini spesial (tidak lengkap) tapi aku salut dia bisa mengendarai motor dengan baik, aku aja gak bisa kendarai motor. Selama perjalanan aku jadi lupa sama rasa capek karena diajak ngobrol sama bapaknya, jarang-jarang ada yang apresiasi tentang kerjaanku yang sekarang.

Sampai akhirnya aku tiba di rumah pukul 22:46 WIB dengan rasa semangat dan bersyukur, terima kasih bapak Baginde atas perjalanan yang mengesankan.


riwayat perjalanan goride



Pesan dua GoRide, bonus referensi merek odol dari bapak ojol, rute rumah ke Klinik Gigi di Gading Serpong

Cerita berikutnya pengalaman pesan GoRide jadi waktu itu aku temani adikku ke klinik gigi viral yang ada di Gading Serpong. Memang kita berdua itu suka coba klinik gigi baru buat cari yang paling terkangkau tapi pelayanannya bagus 'gak asal murah'. Kita berangkat pesan ojek online sekaligus dua lewat aplikasi Gojek di handphoneku langsung dua, iya dua, karena di Gojek bisa pesan GoRide kedua walau pesanan pertamanya belum selesai, itulah sebabnya aku langganan Gojek fiturnya mempermudah user.

Cara pesan ojek online langsung dua di Gojek:
  1. Pilih menu GoRide
  2. Masukkan lokasi jemput dan tujuan
  3. Pilih cara bayar
  4. Klik 'Pesan GoRide'
  5. Tunggu sampai mendapat konfirmasi driver
  6. Jika sudah, kembali ke menu utama pastikan pop up pesanan pertamamu muncul kemudian silahkan ulangi step 1 sampai 5 untuk pesan GoRide kedua.

Balik ke cerita menuju klinik gigi, jadi kita tunggu sampai dua duanya sampai baru berangkat biar gak mencar, karena adikku ini takutan berangkat sendiri apalagi ke Gading Serpong yang jauh dari rumah. Sampailah kedua abang Gojek di depan rumah, kita pastikan wajah dan nomor plat motornya sama dengan aplikasi.

"Dengan Mbak Lisa?"

"Iya, ke klinik gigi sesuai titik ya, Pak"

"Yang sebelum WTC itu ya"

"Iya, rukonya pink pink tua gitu"

"Emang mau ngapain mbak ke klinik gigi, cabut gigi?"

"Engga, saya mau anterin adik saya scaling gigi, Pak"

"Oh itu ya karang gigi, beli aja odol herbal, saya pernah beli tuh rontok karang gigi saya, gak langsung bersih sih tapi lumayan lah, merek NASA kalo gak salah, Mbak" (bapak gojek berusaha mengingat)

"Hah, apa NASA (ingetnya astronot aja) baru denger saya, pak"

"NASA mereknya beneran deh, murah kok mba gak sampai Rp50 ribu daripada ke klinik mahal"

"Iya sih, iya deh nanti saya coba cari di online"


Sampainya di bundaran McD Alam Sutera abangnya ngomong gini...

"Saya sering nih lewat sini dapet orderan anter anak orang kaya besuk orangtuanya di panti jompo, suka sedih saya liatnya, anak dirawat sampe gede, eh pas gede gak mau rawat orangtuanya"

"Iya sih, Pak, mungkin anaknya sibuk kerja"

"Harta gak dibawa mati, Mbak, orangtua mah butuh perhatian anak aja"

Aku terdiam, memang didaerah yang aku lewati ini adalah kawasan elit. Perjalanan naik ojek online memang gak bisa diprediksi apakah drivernya diam fokus nyetir aja atau suka ngobrol dengan topik yang mengejutkan.

Aku gak sangka bakalan ngomongin karang gigi dan odol ditutup dengan obrolan sensitif tentang orangtua. But thanks Bapak Gojek yang aku lupa namanya siapa, bukan iklan tapi adik aku jadi nyobain beli odolnya gara-gara saran Bapak ini tapi gak rontok juga sih, Pak.


fitur gojek



Selain aplikasinya gak berat berikut yang membuatku langganan pesan GoRide:

1. Menambah rute sampai 5 sekali perjalanan
Aku pernah coba ini waktu anter pesanan dimsum di bulan ramadan ke 3 alamat pembeli yang maunya cash on delivery karena aku gak bisa kendarai motor aku pesan GoRide. Jadi kayak mampir sebentar-sebentar.

2. Penjadwalan untuk penjemputan GoRide
Di aplikasi Gojek kita bisa menjadwalkan penjemputan semau kita, jadi gak perlu buka-buka aplikasi lagi buat yang rutin berangkat kerja pagi tinggal nunggu sapa "Mba Lisa, Gojek"

3. GoRide Protect: Asuransi Rp1000 tiap perjalanan cover kecelakaan hingga Rp350 juta
Walau sepengalamanku pesan ojek online alhamdulillah belum pernah kecelakaan, ditambah percaya karena Gojek memastikan para driver dan kendaraannya memenuhi standar keamanan berkendara, kita sebagai penumpang tetap perlu waspada juga tentang keselamatan sampai tujuan. Jadi gak ada salahnya bayar Rp1000 untuk tiap perjalanan.

4. Bisa pesan GoRide kedua walau pesanan pertama belum selesai
Fitur Gojek ini sangat membantu aku, pernah waktu itu handphone mati karena habis baterai ketika mau pulang, jadi aku bisa meminta tolong ke teman untuk pesankan GoRide melalui handphonenya, satu untuknya, satu untukku melalui satu aplikasi saja.

5. Cara pembayaran mudah
Bisa bayar pakai Gopay, tunai, kartu, paylater, dan terbaru bisa digabung sama Gopay Coins.

6. Menyimpan alamat
Simpan alamat yang sering kita gunakan untuk memesan biar gak salah titik. Nama jalan kadang suka ada yang sama tapi kotanya beda, lebih baik simpan, dibuat judul semaumu, misal kayak aku 'Rumahku'.

7. Pengakurasian Titik Driver, Foto driver, Plat nomor
Titik driver berada jelas, fotonya juga gak ngeblur, plat nomor sama dengan aplikasi.

8. Perubahan titik jemput dan tujuan
Misal udah pesan dan dapet driver tapi tiba-tiba kamu salah keluar pintu stasiun, nah ini bisa dipakai, kadang keder ya kayak di Stasiun Kota.

9. Chat dan telepon driver langsung dari aplikasi tanpa memunculkan nomor telepon
Nah ini yang memudahkan jadi gak perlu pakai pulsa nelpon lagi, privasi juga aman.

10. Tidak ada batas minimum kilometer, tidak ada batas jam order
Bebas pesan GoRide semaumu tanpa batasan.

11. Rating dan pembayaran tip dan parkir melalui Gopay
Jangan lupa kasih rating untuk memberi feedback kepada driver.

Cara memesan GoRide untuk pemula

  1. Pastikan handphone kamu sudah terinstal aplikasi Gojek, bila belum bisa download di Playstore atau Appstore.
  2. Buka aplikasinya login atau daftar dengan nomor handphone dan email, selesaikan proses.
  3. Pilih menu GoRide, masukan titik jemput dan titik tujuan kemana kamu mau diantar.
  4. Pilih voucher diskon jika ada (biasanya akan terpasang otomatis).
  5. Pilih metode cara bayar tunai, kartu, atau GoPay. Jika ingin bayar pakai GoPay kamu bisa top up dulu bisa melalui mobile banking, minimarket dan lainnya.

Order GoFood dikala dompet semerawut, di Gojek pasti bisa

cara pesan gofood



GoFood layanan pesan makanan online di aplikasi Gojek kecintaan warga Indonesia. Apalagi sekarang kolaborasi sama BTS idolaku Vkirannya jadi jajan terus. Isi dompet seorang freelancer memang gak nentu tapi pingin makan enak juga boleh dong.

Biasanya seminggu 1-2 kali aku pesan GoFood untuk makan bareng keluarga. Kalau untuk dimakan bareng keluarga paling sering pesan martabak telur, ayam bakar, mie ayam, bakso, bubur ayam, soto ayam, dan chatime. Tentunya kalo ada diskon, tapi 'kan di GoFood selalu ada promo.

Suka lihat gak sih seliweran screenshoot di Twitter orang order GoFood dapet diskon anjlok banget hampir 80% dari situ aku jadi kepo coba terus order GoFood kayak "mana lagi nih restoran yang diskonnya gede" karena kalo di GoFood itu toko juga bisa bikin voucher sendiri guys, jadi kalo lagi hoki nemu bisa diskonnya numpuk gitu, mantul.

Perut kriuk kriuk jam 9 malam, pesan GoFood aja

Pesan makanan online lewat GoFood bisa sesuai dengan kondisi keuanganku kayak waktu itu jam 9 malem laper banget kita, nasi di mejikom udah abis, tapi gimana caranya biar besok juga masih bisa tetep beli makan, intinya harus hemat dengan saldo Gopay aku yang cuma ada Rp50 ribu.

Aku cari restoran terdekat yakni Nasi Goreng, Pondok Bahari. Aku pesan 2 porsi nasi goreng ayam dan 1 kwetiau goreng ayam pakai voucher diskon dari Gojek 30% ternyata setelah di apply dapet potongan banyak sampai total bayar cuma Rp11 ribu pakai Gopay. Ini best moment hemat kasta sultan pertama aku pesan makanan online dari Rp51 ribu jadi Rp11 ribu bahkan harga satu porsinya aja bukan Rp11 ribu.

Ibuku sampai terkejut "hah yang bener". Pas dateng bapak Gojeknya cuma ngomong gini "ooohh... di sini kirain dimana hehehe" sambil ketawa karena emang deket banget jaraknya.

[mohon lihat pada gambar di bawah] bukti pesanan GoFood aku hemat beneran guys, aku tidak menipu informasi penting ini. Kadang kalo order GoFood suka kaget dan mikir lihat total bayar "hah yang bener nih segini, apa engga rugi, apa ada driver yang mau ambil, porsinya nanti dikurangin gak ya diskonnya gede gini" dijamin porsinya normal dan pasti dianter sama driver Gojek karena aku sudah sering pesan pakai voucher diskon. Makan enak kapan pun, apapun menunya di GoFood pasti ada.


pesan makanan online


Selain pilihan menunya banyak dari makanan khas Indonesia, Eropa, Asia, dan jajanan kekinian berikut alasan aku langganan GoFood:

1. Pilihan cara bayar yang memudahkan: Gopay, Gopay Coins, tunai, paylater, linkaja, dll. 
Cara bayar favoritku Gopay, Gopay Coins, tunai, dan bisa digabung.

2. Konfirmasi order cepat, akurat, posisi driver sesuai peta, estimasi pesanan diterima.
Setelah pesanan diterima restoran, selanjutnya proses menemukan driver, kemudian jika sudah bisa di pick up driver baru jalan ke restoran selanjutnya baru proses anter ke alamat kita (jadi drivernya gak nunggu lama, ngantri berdiri, terbaik emang Gojek memikirkan sisi driver juga).

3. Template chat
Di Gojek memudahkan kita untuk komunikasi sama driver, jadi gak perlu ribet, tinggal klik klik kalimat yang udah ada sat set.

4. Layanan bantuan yang gercep
Gak perlu khawatir makanan gak sampai atau pesananmu yang diterima salah, Gojek akan kembalikan saldo Gopaymu dengan bukti yang akurat pastinya.

5. Bisa simpan menu favorit kayak yang aku buat, jadi gak perlu cari-cari lagi bisa langsung order dari situ

6. Harga masuk akal, Promo tiap hari

7. Bisa baca rating dan ulasan pembeli sebelumnya

8. Pilihan custom makanan
Jadi kita bisa lebih leluasa pesan sesuai selera

9. Ada fitur request pakai alat makanan atau tanpa alat makanan

10. Fitur 'buat kado' kirim makanan ke orang, misal untuk bentuk perhatian ke teman yang lagi sakit.

Trik memesan makanan online di GoFood biar diskon banyak dijamin makin hemat

  1. Isi saldo Gopay, saldo harus lebih dari total pembayaran akhir setelah diskon biar bisa gabung pakai voucher diskon lainnya.
  2. Cek di menu voucher diskon, apakah akunmu punya, lihat minum pembelian.
  3. Pilih toko dengan info total diskon yang besar misal 50%, semakin besar persenannya berarti kesempatan kamu hemat lebih besar. Pilih menu makanan atau jajanan yang kamu ingin pesan
  4. Di menu 'pasang voucher' lihat lagi apakah sudah terpasang voucher yang paling besar.
  5. Jangan lupa pilih cara pembayaran Gopay, jika punya Gopay Coins bisa pakai sekalian.
  6. Klik pesan dan antar sekarang

GoClub dan fitur baru Gojek, level hemat makin meningkat

Alasan aku pakai Gojek untuk pesan makanan online dan ojek online, selain yang aku jelasin banyak banget di atas di Gojek itu ada GoClub program loyalitas pengguna ada level warga, bos, juragan, anak sultan untuk level tertinggi dengan kumpulin XtraPoin dari setiap pesanan yang selesai. Dengan level GoClub yang kita punya, nantinya kita punya keuntungan seperti 'pesanan prioritas, CS prioritas, dan Cashback'. Kalo aku sekarang masih di level bos, nih menuju juragan!

Ada dua terbaru dari Gojek, pertama sekarang ada 'Gopay Coins' yang bisa kita dapat dari cashback pesan makanan dan order belanja di Tokopedia. Gopay coins bisa dipakai untuk metode pembayaran di aplikasi Gojek dan Tokopedia.

Kedua di Gojek ada fitur baru 'langgananku' bisa dilihat dibagian menu profil akun, jadi kita bisa beli kayak salah satunya langganan GoFood Plus cuma bayar Rp19 ribu untuk diskon ongkir Rp10 ribu bisa untuk 3 order sehari berlaku selama 14 hari, lumayan bikin irit 'kan.

Itulah secuil cerita pengalaman menyenangkanku pesan GoRide dan GoFood di aplikasi Gojek yang penuh kejutan hemat. Jika kamu ada pertanyaan atau ingin sharing pengalaman seru dengan Gojek silahkan tulis di kolom komentar.


Withluv,
Lisa.

Komentar

Posting Komentar

Jika terjadi error saat publish komentar coba refresh browser dan ulangi tulis kembali. Thank you!

Form for Contact Page (Do not remove)