Jadi Langganan dan Makin Untung, Berikut 6 Cara Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan Saat Kamu Berjualan di Blibli.com

Image: Dribbble.com/ edit by deslinalisa.com


Dengan kemudahan internet gak salah kalau jualan online menjadi bisnis pilihan generasi milenial yang terus berkembang. Mulai dari beragam pakaian kekinian pasti laku keras, tercetus makanan hits, sepatu sneaker buatan lokal, dan banyak ragam lainnya. Saya perhatikan ada dari mereka berawal dari sosial media, ketika calon pembeli ok bisa langsung transaksi di toko online-nya. Dan jualannya selalu sold out, kok mudah ya?

Saya juga mau dong! Coba-coba searching berapa ya modal untuk jualan online. Terkadang saat niat mau memulai usaha kelamaan mikir soal modal jadinya gak jadi-jadi. Dulu saya modal nekat saja mencoba jualan makaroni jadul lewat sosial media masih lingkar pertemanan saja yang beli, disaat ada nih teman di luar kota yang mau beli banyak tapi akhirnya gak jadi karena berat di ongkir.

Sudah ongkirnya mahal, saya juga jadi putar otak cara packing yang aman biar sampai di alamat tujuan produk gak remuk. Kalau diputar posisi, apa sih yang akan saya pertimbangkan saat belanja online? Pasti banyak permintaannya salah satunya

"Packingnya pakai apa, aman gak?"
"Free ongkir atau gak, kalo ongkir berapa ya?"

Ada petuah, "Sebelum berdagang baiknya kamu menjadi pembeli, agar tau maunya pasar itu seperti apa" Saya memang suka belanja online, pernah ada barang yang saya suka banget sama warnanya dan adanya cuma di toko itu pas mau check out ternyata ongkos kirimnya lebih besar daripada harga barang yang saya mau. Akhirnya saya gak jadi, ya kejadiannya sama seperti calon pembeli makaroni jadul saya dulu. Ternyata ongkir dan packing itu sangat berpengaruh banget untuk naikin penjualan.

Image by dribbble.com


Setelah saya riset marketplace yang ada di Indonesia ternyata ada lho yang bisa menjawab semua keinginan pembeli guys yaitu Blibli Seller ternyata kalau Berjualan di Blibli.com itu banyak fitur yang saling menguntungkan gak hanya untuk pembeli, tapi seller juga.  Daftarnya juga mudah. Jadi gimana sih cara meningkatkan kepercayaan calon pembeli untuk balik belanja di toko kita yang ada di Blibli.com sehingga semakin meningkatkan penjualan, yuk simak di bawah ini.


1. Yang pertama adalah informasi produk jelas jadilah seller yang trustworthy atau terpercaya

Image by dribbble.com
Fotonya asli, warnanya nyata jadi jangan edit cahaya yang berlebihan atau nih pihak Blibli.com juga menyediakan jasa foto produk gratis. Foto yang bagus tujuannya agar sampai di tangan pelanggan pesanannya sesuai. Pelanggan pun tak segan memberi review bintang 5 untuk toko kita. Contohnya ketika ingin menjual:

Pakaian: Pastikan ada keterangan: ukuran, seperti cm panjang lengan, lingkar dada, dsb.
Sepatu: Pastikan ukurannya sesuai dengan standar yang sudah ada. Sehingga tidak ada komplain kekecilan.
Makanan: Tambahkan komposisi, dan pastikan tanggal kedaluarsa masih panjang, sehingga tidak terkena komplain sama pelanggan.

2. Pasang harga yang bersaing di pasar kamu bisa pakai kalkulator MTA Blibli.com.

MTA menyediakan fitur kalkulator yang dapat membantu seller menetapkan harga jual produk. Fitur kalkulator ini akan membantu menentukan harga jual produk dengan memperhitungkan harga dasar produk, keuntungan yang ingin diambil beserta komisi yang berlaku di Blibli.com. Seller akan menemukan fitur ini ketika akan memasukkan harga jual produk di tahap upload produk.

3. Menyediakan 1000 solusi dengan cepat membalas diskusi produk

Jika produk yang di tanya sudah sold out coba kasih pilihan ke peroduk kamu yang serupa. Misalnya: warnanya yang sama, dari merek yang lain yang ada di toko mu. Oh ya, kalau gudangmu sudah penuh Blibli menyediakan gudang untuk merchant.

4. Respon pesanan dengan cepat! Rutin cek sms dan email, karena pemberitahuan akan di informasikan kepadamu segera


Image by dribbble.com

Kamu harus standy by atau jika sudah merasa kewalahan, bisa pekerjakan seorang admin untuk membantu.

Berapa batas waktu untuk memproses/ mengirimkan pesanan kepada pembeli?
Secepatnya guys! Untuk mengirim pesanan dan input Nomor Resi (AWB), kita memiliki waktu maksimal 2 hari kerja sejak pembayaran diverifikasi. Batas waktu kirim pesanan tidak termasuk hari Sabtu/Minggu/libur. Jadi harus gerak cepat ya!

Duh gimana ya kalau stok produk yang dipesan hanya tersedia sebagian?
Jika stok produk yang tersedia ternyata tidak mencukupi, kamu bisa hubungi merchant care Blibli.com di 021-57977777 mereka siap membantu. Pihak Blibli.com akan membantu menanyakan ke pembeli dan memberikan jawabannya ke seller apakah pembeli bersedia melanjutkan pesananannya atau tidak.

Jika pembeli setuju untuk menerima stok produk yang masih tersedia maka seller bisa menggunakan fitur "Partial Fulfillment" untuk memenuhi pesanan itu. Untuk mengetahui caranya, Anda bisa melihat di step berikut :
  • Buka Tab Order.
  • Masuk ke Order Detil,dan klik tombol Partial Fulfill.
  • Isi Total Barang yang Dipenuhi beserta alasannya.
  • Masukkan Nomor Resi (AWB) pada kolom yang sudah disediakan.

5. Packing produk dengan benar supaya aman sampai alamat tujuan

Sehingga produk pesanan pelanggan tidak berubah bentuk atau cacat. Nah keuntungan kamu berjualan di Blibli.com ada fitur Gratis Packaging. Cara menikmati fitur ini di blibli.com adalah berikut.

Sekedar info guys ada dua macam yang bisa kamu pilih merchant Dropship atau merchant Pick Up?
Perbedaannya pada cara pengiriman yang dilakukan. Untuk merchant Pick Up, pada tahap fulfillment (Pembayaran dari pelanggan) menunggu pengambilan kurir. Untuk merchant Dropship dapat mengirimkan item ke pembeli melalui logistik secara pribadi. Berikut cara pesan packing seharga Rp0 perak alias gratis, jadi gak perlu lagi repot. Keren bangetkan produk kita di packing bertulis Blibli.com




Ukuran box dan plastik bervariasi, jenis kartonnya tebal dan tidak mudah robek atau penyok. Beberapa contoh yang saya punya seperti ini atau langsung klik https://www.blibli.com/pages/kemasan-partner


Kalau mau lebih aman lagi kamu bisa lapisi produk dengan bubble wrap. Biar pelanggan makin loyal kita sebagai seller bisa menambahkan Thank You Card. Kartu ucapan terima kasih ini juga ada QR CODE TOKO seller supaya pelanggan bisa balik belanja di Toko kita lagi. Berikut cara mendapatkan packing gratis Blibli.com


Image by Blibli.com

6. Yang terakhir adalah memanfaatkan fitur Gratis Ongkos Kirim Produk.

Siapa sih yang gak suka dapet potongan ongkos kirim. Btw jenis pengiriman di Blibli ada banyak salah satunya via JNE, GO-SEND, atau kurir Blibli express.




Sebelumnya kamu perlu melakukan proses fulfillment (Warehouse Management Process) keuntungan pakai ini pengiriman pesanan khusus dalam kota lebih cepat sampai.

Caranya sebagai berikut :
  • Print shipping label pada bagian order list dan tempelkan pada paket pengirimanmu
  • Kirimkan paket Anda dan simpan Nomor Resi (AWB)
  • Buka Tab Order di MTA.
  • Masukkan Nomor Resi (AWB) pada kolom AWB dari order anda dan klik centang. Cara lain, Anda dapat masuk ke Order Detil, dan masukkan Nomor Resi (AWB) dengan menekan tombol Fulfill Order.
  • Proses fulfillment selesai.
Lalu?
Dana ongkos kirim akan diganti bersamaan dengan pembayaran rekonosiliasi dana pesanan pada periode berikutnya (misal: Dana Pesanan masuk pada periode Awal Februari maka dana ongkos kirim akan kamu terima pada periode selanjutnya, yaitu periode Akhir Februari)

Kapan dana pesanan masuk ke rekening?
Pasti udah gak sabar untuk menunggu hasil berjualan online di Blibli.com! Dana akan dibayarkan 3 hari kerja setelah tanggal terakhir dari periode rekonsiliasi. Sedangkan jadwal penyelesaian transaksi yang dilakukan Blibli.com atas hasil dari pelaksanaan rekonsiliasi adalah 2 kali per bulan, yaitu setiap tanggal 15 dan tanggal terakhir di bulan bersangkutan.

Itulah guys 5 cara untuk meningkatkan kepercayaan calon pembeli saat belanja di toko mu, terlebih nih dibantu fitur Gratis Packaging & Ongkos Kirim Produk dari Blibli.com yang bikin penjualan makin untung. Seperti testimoni salah satu seller yang sukses berjualan di Blibli.com ini




Informasi tambahan nih Blibli.com memiliki 16 pilihan kategori belanja yang bisa kamu jadikan pilihan untuk memulai bisnismu! Jadi kesempatan untuk berjualan di Blibli.com luas banget! Tidak hanya sekedar berjualan saja, sebagai seller juga di upgrade wawasan tentang bisnis mulai dari training gratis yang di adakan rutin seperti BLIBLI UNIVERSITY dan Komunitas Blibli Seller, fasilitas pendukung yang akan membantu kita dalam mengembangkan bisnis online.

Jualan Untung Ga Tanggung Tanggung!!! Yuk mulai berjualan!

Tidak ada komentar:

Hi, Silahkan tinggalkan komentar terbaikmu. Mohon maaf komentar spam/ link aktif tidak akan dipublish. Subscribe ya untuk menerima notif artikel terbaru. Thank you.

Diberdayakan oleh Blogger.