5 Senyawa Bermanfaat yang Terkandung dalam Mentega Putih

Photo by Acharaporn Kamornboonyarush from Pexels
Dalam proses pembuatan kue ada banyak sekali bahan yang dibutuhkan sehingga bisa menciptakan rasa yang lebih enak dan juga tampilan cantik. Salah satu diantaranya adalah mentega.

Asal usul mentega
Mentega ini sendiri adalah bahan kue yang berasal dari lemak susu sapi, sehingga dengan penambahannya akan membuat rasa kue menjadi semakin gurih dan nikmat.

Mentega putih untuk apa?
Jenisnya sendiri cukup banyak, salah satu diantaranya yang sudah tidak asing bagi kalian mungkin mentega putih atau shortening. Butter yang satu ini dikenal juga dengan unsalted atau mentega tawar karena memang tidak memiliki rasa sama sekali, hanya gurih dan biasanya dimanfaatkan sebagai bahan icing atau hiasan kue.

Fakta shortening lebih sehat
Selain itu juga sering kali dikombinasikan dalam pembuatan beberapa jenis cookie yang lainnya untuk memberikan tekstur lebih empuk dan juga rasa yang gurih.


Image by congerdesign from Pixabay 

Berbicara mengenai mentega putih ini sendiri selain rasanya yang nikmat sebenarnya ia memiliki banyak sekali senyawa bermanfaat untuk kesehatan, diantaranya adalah:

  1. Vitamin A, senyawa yang satu ini memiliki peran yang sangat penting di dalam menjaga kesehatan membran tubuh, termasuk diantaranya untuk kesehatan mata, bisa meningkatkan kemampuan visual.
  2. Vitamin E, bagus untuk menjaga kesehatan kulit dan dapat menangkal radikal bebas.
  3. Kalsium, sudah bukan rahasia lagi jika seandainya mentega ini kaya akan kandungan kalsium karena memang bahan baku utama pembuatannya sendiri adalah susu, senyawa yang sangat bagus di dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi.
  4. Asam lemak, kandungan asam lemak yang ada di dalamnya bekerja untuk melindungi pencernaan dari infeksi yang rentan menyerang anak-anak bahkan juga orang dewasa.
  5. Lechitin, senyawa yang satu ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat, diantaranya adalah dapat mencegah peningkatan kolesterol jahat yang ada di dalam darah dan bisa memicu masalah jantung.
Meskipun terbuat dari lemak susu namun jenis lemak yang terkandung dalam mentaga baik, sehingga berperan penting dalam kesehatan tubuh. Pastikan juga kamu mengkonsumsi mentega tawar ini secukupnya atau tidak berlebihan. Aplikasikan dalam pembuatan kue untuk rasa yang lebih nikmat seperti cupcake.


Tidak ada komentar:

Hi, Silahkan tinggalkan komentar terbaikmu.
Mohon maaf komentar spam/ link aktif tidak akan dipublish.
Subscribe ya untuk menerima notif artikel terbaru. Terima kasih :)

Diberdayakan oleh Blogger.