Apakah Gizi Seimbang Itu 4 Sehat 5 Sempurna? - Menu Piring Gizi So Good Solusi Protein Sehat

Photo by Fezbot2000 on Unsplash
Assalamu'alaikum, selamat malam menjelang pagi..
Kali ini aku mau cerita tentang kesehatan nih. Problema ini hampir sering aku alami. Pernah nggak udah makan banyak, tapi kok masih lemes dan gampang capek?

Kalo yang terjadi di aku, produksi asam lambung tinggi berawal dari aktivitas yang gak sebanding dengan istirahat akibatnya pola makan jadi nggak menentu, kata dokter ini namanya Darah Rendah?
Langsung pembelaan "Padahal saya belakangan ini minum obat penambah darah dok"

Dengan muka gemes "heemm kamu ituh lis darah rendah bukan anemia yang kekurangan darah'' -bu Dokter

Dan di jelasinlah tentang kenapa bisa Darah Rendah, ini adalah Dokter Umum terdetail seantero Puskesmas Cibodas, Tangerang kalo lagi jelasin ke pasien. 

"Asam Lambung tinggi jadinya apa? Kepala pusing, Batuk udah tiga minggu ya, makanya itu kemarin kita minta tes lab kemungkinan ada flek paru-paru dan hasilnya  ternyata negatif, jadi setelah saya analisa kamu itu masalahnya di pola makan dan istirahat. Kamu itu kecapean, darah kamu rendah. Coba deh benerin dulu, pola makan tiga jam sekali makan, lihat deh timbangan kamu turun begini, sama istirahat yang banyak seminggu full aja deh lis. Makan yang bergizi dan sayur berkuah hangat, harus berkuah. Jangan bubur, pedes-pedes, es..  kasihan sama badan kamu sebentar.."

Cuma bisa nyengirr hihihi aja sama Bu Dokter sambil jawab "iya dok iya..."

Dan semenjak itu aku jadi tau apa yang bisa menyebabkan aku kecapean. Cluenya adalah batuk yang kayak ngos-ngossan, kepala pusing, ternyata kekurangan istirahat bisa bikin asam lambung naik, karena pola makan yang ngacak alias lebih banyak jajan daripada makanan utama. Istirahat nggak sebanding dengan aktivitas. 

Aku sekarang lagi sering nyimak info yang di posting akun Instagram @SoGoodID Zaman dulu makan harus 4 sehat 5 sempurna jadi merasakan betapa begahnya perut usai makan. Kondisi perut yang kepenuhan membuat kita kekenyangan dan malas beraktivitas bener nggak? hehe

Pola makan 4 sehat 5 sempurna ternyata tidak selamanya menunjang kalo gizi kita itu udah seimbang lho.. bisa saja proteinnya berlebihan atau ternyata masih kurang, bila kekurangan protein itu bisa bikin mata menjadi kunang-kunang (yang ada di depan mata kayak kabur gitu, bukan jodoh BUKAN) dan badan gampang lemas. Lalu gimana ya caranya supaya menu makanan kita gizinya seimbang?

Aku pakai cara taker So Good.
So Good share bagaimana cara menakar porsi makanan gizi seimbang berikut gambarnya.. kalian juga bisa ceki-ceki info tentang gizi di Instagram So Good.
instagram.com/sogoodid
Jadi mau ikut Tim Zaman Old alias jadoel atau Zaman Now?
Kalo aku sih Anak Kids Zaman Now jadi pilih Zaman Now, so kita harus semakin pintar sekarang dengan perkembangan zaman sekarang yang serba praktis, tapi mencakup banyak aspek.




Piring gizi oleh deslinalisa.com

Aku mencoba untuk menerapkan menu piring gizi seimbang sesuai takaran piring gizi So Good
Ini aku buat Menu Nasi dengan Ayam Panggang Madu Blackpaper & Tumis Jagung, Buncis, Wortel.
Source resep Ayamnya dari MasakTV. Hanya bedanya aku tambahin saus blackpaper 3 sendok & saos sambal 1 sendok biar medok heheheheh pastikan bener-bener lagi sehat untuk makan pedas. Keduanya di aduk bersamaan dengan bumbu lainnya sebelum di panggang di oven. Berikut resepnya ya:

Bahan:
6 potong ayam bagian (So Good Paha & Dada 450 gr)
2 sdm air lemon
Parutan kulit lemon (bagian luarnya, sebisa mungkin bagian kulit putihnya nggak ikut)
2 sdm madu
3 siung bawang putih (di ulek halus)
3 sdm margarin (di panasin hingga cair)
1/2 ruas jahe
Garam secukupnya (kira-kira aja)
3 sdm Saus blackpaper
1 sdm saus sambal (ini jangan terlalu banyak soalnya nanti malah jadi hitam gosong gitu)

Cara Membuat:
  1. Siapkan mangkuk untuk bumbuin ayam.
  2. Masukkan ayam ke dalam mangkuk, tambahkan garam, lada, jahe, madu, kulit lemon dan air lemon, aduk hingga rata. Lalu masukan margarin yang sudah di panaskan.
  3. Setelah rata, kalo aku diemin dulu 5 menitan biar resep (nyerep) bumbunya. Setelah itu masukkan ke dalam wadah khusus dan panggang selama 45 menit. Jangan lupa sebelumnya panasin oven terlebih dahulu kira-kira 10 menit.
  4. Angkat dan sajikan, tambah nasi dan sayuran bebas, cocoknya sih di makan bareng sama tumis-tumisan atau lalapan daun selada.


Untuk buah aku lebih suka semangka soalnya mengandung banyak air jadi nggak gumpal di tenggorokan, selera berbeda-beda. Plusss yang wajib 1 gelas besar air minum biar pencernaan lancar jaya.

Ohya aku pakai So Good Ayam Potong, Paha & Dada yang 450 gram dalam kemasan LOGO baru. 1 sachet isinya 6 potong ayam  yang udah bersih siap olah harganya 29ribu mungkin di setiap tempat harga bisa berbeda-beda ya. Kenapa So Good, karena praktis & terpercaya. Ayam frozen ini dikemas sudah melalui beberapa tahap, sudah bersih bisa siap olah tidak berbau amis jadi tidak perlu di bersihkan lagi.

Semoga tulisan ini bermanfaat ya, mungkin ada yang mengalami Darah Rendah juga?
Mudah-mudahan masalah gizi buruk di Indonesia bisa segera teratasi dengan takaran seimbang dari  #PiringGiziSeimbangSoGood
#BPNxSoGoodPiringGiziSeimbang

FYI Sekarang kamu bisa beli So Good di Lazada.co.id link official storenya silahkan klik disini 
Pengiriman langsung di hari pemesanan dan dikirim dari pihak So Good langsung lho dengan driver khusus juga pakai styrofoam jadi produk tetap fresh.. nggak perlu khawatir paket benyek.

Di So Good lazada sedang ada promo paket hemat yang bikin kantong nggak jebol beli banyak.
Yuk, stock untuk persediaan peranti bikin bekal nih! Sebelum kehabisan.

2 komentar:

  1. So good ini bak dewa penolong terutama pas waktu sarapan tiba 😆

    BalasHapus
  2. So good ini bak dewa penolong terutama pas waktu sarapan tiba 😆

    BalasHapus

Hi, Silahkan tinggalkan komentar terbaikmu. Mohon maaf komentar spam/ link aktif tidak akan dipublish. Subscribe ya untuk menerima notif artikel terbaru. Thank you.

Diberdayakan oleh Blogger.