Cilok Kuah isi Bakso Keju ala SO GOOD, Masakan Khas Ramadhan di Rumahku


Assalamu'alaikum,
Hai guys apakabar, gimana libur lebarannya? Udah ada yang mulai masuk kerjakah, duh semangat ya!

Biar semakin semangat, kali ini aku mau cerita tentang masakan khas yang pasti ada setiap bulan Ramadhan di rumahku. Dulu waktu aku SD, Ibu aku suka jualan dadakan di halaman rumah. Jualannya berdua sama bibi Mumut kayak es bubble, aneka gorengan, kentang goreng, nugget, sosis goreng, dan cilok. Biasanya diserbu sama anak-anak yang abis sholat tarawih. Seru deh lihatnya, harganya dimulai dari Rp500 sampai Rp5 ribu Alhamdulillah pasti jualannya habis apalagi cilok hanya tersisa sambal kacangnya saja yang suka aku toel-toel sebelum cuci pancinya hehehe.. biar gak mubazir.

Foto: berbagai sumber

Aku suka banget cilok mulai dari cilok Bandung, cilok boga rasa Ciamis, cilok goang Kuningan udah aku cobain! Kalau cilok Bandung enaknya dimakan pakai sambal kacang, cilok boga Ciamis makannya pakai saus dan bubuk lada dikit beuh mantap rasanya kayak abis ngejar gebetan *eheheheh pedas campur panas fresh dari panci waktu itu belinya di depan Universitas Pamulang. Kalau cilok goang, waktu itu dibelikan pas ikut ke kampung halaman kakak ipar di Kuningan, Jawa Barat. rasanya unik berkuah pedas gitu.

Nah balik lagi, sekarang setiap tahun beda-beda kreasi cilok yang aku buat. Tahun kemarin bikin cilok isi ayam sambal kacang untuk hari raya. Tahun 2018 ini mau bikin yang ada kuahnya. Maka dari itu aku bikin cilok kuah isi bakso keju. Bakso yang aku pakai adalah bakso sapi. Tapi, jujur aku gak suka daging sapi, kambing, domba, apalagi kerbau aku bisa mual luar biasa karena bau dirinya.

Dulu waktu kecil sempet suka rendang, tapi pas ikut pertama kali dan lihat moment pemotongan qurban Idul Adha disitulah tau gimana baunya darah di daging sapi sebelum jadi rendang. Setiap dirumah ada masak-masak rendang aku selalu kunci diri dikamar sedia pop mie, dan alat makan. Entah aku jadi sugesti dengan baunya yang bisa nempel dimana-mana, jadi sumpetin alat makan sebelum ngebul bau-bau daging didapur. Segitunya, iyaa hehehe..

Gambar terkait
Sumber: Bukalapak.com/ Frozshop Cimanggis
Lucunya, aku suka banget lhooo sama bakso! Aku suka beli di abang gerobak kaki lima. Tapi, ada tapinya aku pasti pesannya bakso kecil pakai mie instant. Aku suka bakso yang gak begitu bau darah sapi dan gajih. Yah, pokoknya kayak lagi gak makan di tempat pejagalan deh. Namun, tempat bakso ini tidak setiap hari buka.

Untungnya nih ada Bakso Sapi Kuah Instant dari SO GOOD, rasa, tekstur, dan aromanya pas banget untuk masak kilat dan makan di rumah apalagi cuaca lagi dingin, karena hujan cocoknya makan yang anget-anget kayak Cilok Kuah isi Bakso Keju yang aku buat di bulan ramadhan tahun ini.

Penting! Bakso Sapi Kuah Instant dari SO GOOD ada label halal jadi aman deh untuk muslim. Aku beli Bakso Sapi Kuah Instant dari SO GOOD ini di mini market Rp21 ribu. Isi didalamnya ada 8 butir bakso dan bumbu instan kuah bakso. Langsung aja nih yah resepnya:

Cilok Kuah isi Bakso Keju with So Good

deslinalisa.blogspot.com
Bahan
1 bungkus SO GOOD Bakso Kuah Instan Sapi (isi 8 butir bakso), di rebus 2 menit
Tepung terigu 100 g (di ayak)
Tepung sagu 100 g (di ayak)
Bawang putih 2 siung (haluskan)
Daun seledri 1 batang/secukupnya (iris halus)
Lada bubuk secukupnya
Kaldu ayam 1 sdt
Garam 1 sdt
Air panas 200 m
Minyak sayur 1 sdm
Keju quick melt KRAFT (dipotong setebal sedotan es bubble)

Pelengkap:
Tahu putih (Rebus, & potong sesuai selera)
Sambal cabai rawit ulek


Cara membuat:
  • Rebus air, masukan bawang putih, merica bubuk, kaldu ayam, dan garam. Kemudian tuang air rebusan ke baskom berisi tepung dan seledri secara perlahan sampai dirasa adonan mengental.
  • Lalu masukkan tepung sagu. Uleni dengan tangan perlahan-lahan hingga rata.
  • Lubangi bakso dengan sedotan (Es Bubble) lalu isi dengan potongan keju kemudian balut dengan adonan cilok. 
  • Penampakannya seperti ini setelah di lubangi dengan sedotan.

  • Didihkan air. Lalu masukkan cilok yang telah dibentuk ke dalam air mendidih yang sudah diberi minyak sayur 1 sdm. Rebus kurang lebih 5 menit. Lalu tiriskan.
  • Tuang bumbu SO GOOD Bakso Kuah Instant kedalam mangkok lalu seduh dengan air panas, masukan cilok & tahu, siap di santap dengan sambal cabai ulek.


    Menu ini bisa dimakan pas waktu berbuka puasa dan waktu sahur. Caranya masukan sebagian cilok dalam wadah tertutup seperti ini simpan dalam suhu kulkas, nanti bisa di rebus atau kukus dan dimakan pakai Sambal kacang, kalo aku suka pakai Sinti Sambel Pecel (Bisa beli di warung terdekat):



    Jangan lupa saat puasa tubuh kita juga butuh makan makanan yang bergizi agar tetap fit menjalani aktifitas. Untungnya selalu ada produk SO GOOD dari yang siap olah sampai yang siap santap jadi lebih irit waktu pas olah masakan gak nunggu lama untuk masak pas berbuka puasa apalagi kesiangan pas sahur. Seperti SO GOOD Bakso Kuah Instant Sapi ini.

    Sumber: Instagram.com/SoGoodID

    Follow akun sosial media SO GOOD banyak informasi tentang gizi dan ide unik olah masakan:

    FYI Sekarang kamu bisa beli SO GOOD secara online di Blibli.com atau Lazada.co.id link official storenya. 
    Pengiriman langsung di hari pemesanan dan dikirim dari pihak So Good langsung lho dengan driver khusus juga pakai styrofoam jadi produk tetap fresh.. nggak perlu khawatir paket benyek. Yuk, stock untuk persediaan masak dirumah!

    Sumber: Twitter.com/so_good_id

    #MasakanRumahKhasRamadhan #SogoodXbpn #LebihBaikSoGood

    Share:

    4 coment

    1. Kreasi unik, cara ngelubangi cilok ada kreatif nya. Mau coba ah.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Hehe iya mpo bolongin pake sedotan es buble, tapi kondisi bakso udah adem. Kalau masih panas dibolongin nanti sedotannya meletot.

        Hapus
    2. bakso praktis ini, wkwkw,,, udah di packing tingal tuang,,

      BalasHapus
      Balasan
      1. Hahaha iya kan instant, di modifikasi sedikit biar lebih mantap.

        Hapus

    Hi, Silahkan tinggalkan komentar terbaikmu. Mohon maaf komentar spam/ link aktif tidak akan dipublish. Subscribe ya untuk menerima notif artikel terbaru. Thank you.