new videos

Pakai Serum Retinol dan Niacinamide Bersamaan, Garis Samar Kulit Jadi Halus?

retinol scarlett

Dok. pribadi: deslinalisa.com/Lisa D


Tahun 2023 siapa yang gak tau serum retinol dan niacinamide kandungan yang kaya manfaat untuk menghaluskan garis kerutan di wajah. Inget banget dulu waktu awal-awal booming banyak review pakai retinol aku nonton YouTube beberapa beauty vlogger kayak Suhay Salim terus ada yang nulis komentar "retinol kalo rutin efeknya bagus buat kulit jadi mulus" tapi gak sedikit juga yang gak cocok sama retinol, namanya juga cocok-cocokan.

Karena manfaatnya meyakinkan, aku pertama kali coba serum retinol di tahun 2021 dan cocok, karena banyak macem serum yang bermunculan akhirnya aku stop dan coba serum yang lain (gak sabaran mau glowing). Sekarang jadi agak menyesal kenapa dulu berhenti gak rutin pakai retinol sampai sekarang, karena kelihatan gitu tekstur kulit banyak garis halus di area wajah terutama di dahi (jidat) ditambah udah umur juga.

Senangnya sekarang banyak brand lokal yang jual produk serum beragam ukuran dan bikin harganya terjangkau. Kayak yang lagi aku pakai SCARLETT Skin Smoothing Retinol Serum dan Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum SCARLETT by Felicya Angelista. Langsung aja aku ceritakan pengalaman kurang lebih dua minggu memakai kedua produk serum ini.

1. Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum

kandungan retinol scarlett
Dok. pribadi: deslinalisa.com/Lisa D

Klaim utama:

Pada serum ini klaimnya gak cuma ada kandungan encapsulated retinol yang menyamarkan garis-garis halus, tapi ada kandungan pomegranate extract yang dapat melindungi kulit dari sinar UV dan bakteri, hexapeptide-8 yang mencegah penuaan dini + hidrasi kulit + menyejukkan kulit teriritasi, dan allantoin yang hidrasi dan menghaluskan kulit wajah.

Packaging:

Kemasan khas serum Scarlett dengan dilengkapi hologram barcode untuk cek keaslian produk, nomor BPOM, informasi isi 15 ml, tanggal expired, bentuknya pipet kaca botolnya kokoh tebal dengan stiker warna putih biru hijau laut, petunjuk penggunaan, info kandungan lengkap (bisa zoom foto atas untuk baca), info sudah teruji oleh dokter kulit klinis untuk tidak menyebabkan iritasi.

Pengalaman & cara pakai:

Pertama pakai aromanya itu tipis hampir gak ada bau mengganggu. Saat diaplikasikan ke wajah sedikit rasa cekit-cekit tapi hanya sebentar dan ini hanya diawal pemakaian. Warna serumnya semi putih tapi gak pekat, ya warna khas serum retinol.

Pakai seujung jari bisa untuk cover sewajah. Ada efek kulit kencang dan halus saat disentuh usai aplikasi serum ke wajah. Butuh waktu untuk benar-benar menyerap. Aku pakai serum retinol ini per-dua hari sekali tiap malam sebesar ujung jari.

2. Scarlettt Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum

niacinamide manfaat

Dok. pribadi: deslinalisa.com/Lisa D


Klaim utama:

Serum ini itu kayak penyempurna pemakaian retinol karena kandungan niacinamide 5% membantu perbaiki skin barrier (lapisan paling luar kulit) seperti menyamarkan noda gelap sehingga menjadi cerah, sesuai namanya serum ini gak hanya ada kandungan niacinamide tapi ada beta glucan yang membantu melindungi kulit dari penuaan dini dari efek sinar UV, creatine menyejukkan dan melembabkan kulit, allantoin yang hidrasi dan menghaluskan kulit wajah, triple ceramide complex yang membantu melembabkan serta merawat kekencangan kulit, dan 7 phyto extract (moringa extract, mugwort extract, chamomile extract, bifida ferment extract pomegranate extract, lotus extract, centella asiatica extract).

Packaging:

Kemasannya sama dengan serum retinol bedanya serum ini warnanya putih ungu. Isinya 15 ml, nomor BPOM, info kandungan lengkap, cara penggunaan, kode produksi, tanggal expired, juga hologram barcode untuk cek keaslian produk Scarlett.

Pengalamanku dan cara pakai:

Untuk serum niacinamide ini adalah pengalaman pertama kali buat aku. Waktu pertama kali aplikasikan ada aroma wangi hangat kayak sereh/jahe tapi setelah baca lengkap kandungannya ternyata itu adalah aroma tumbuhan dari perpaduan dari 7 Phyto Extract. Setelah diingat-ingat iya juga ada aroma mugwort ternyata. Aku suka serum ini karena bukan bau kimia gitu.

Warna serumnya bening dan semi kental. Gak ada efek tingling, cepat menyerap, dan gak lengket. Butuh setengah pipet untuk cover satu wajah dipijat hingga leher. Aku pakai serum niacinamide ini hanya di pagi hari dan digunakan setiap hari sebelum pakai tahapan skincare lainnya.

Dok. pribadi: deslinalisa.com/Lisa D

Dari foto di atas terlihat jelas tekstur dan warna yang berbeda. Kombinasi serum ini menurut aku pas banget, saling melengkapi kayak udah mencakup permasalahan kulitku. Apalagi Scarlett menambahkan beberapa kandungan yang menyempurnakan kedua serum ini.

Kondisi kulit wajah:

Jenis kulit wajah aku kombinasi kering dan berminyak di zona T, pori-pori di hidung besar, ada bintik hitam di pipi dan dahi, ada kerutan di dahi dan sekitar smile spot. Wajah sedang tidak berjerawat.

Do's:

  • Retinol hanya boleh dipakai saat malam hari setiap 2 atau 3 hari sekali untuk pemula.
  • Niacinamide aman untuk semua jenis kulit, dipakai hanya pagi hari jika sedang pakai retinol. Jika tidak pakai retinol bisa pakai niacinamide setiap hari pagi dan malam.
  • Simpan ditempat kering dan hindari dari matahari.
  • Retinol bisa dipakai sejak umur 20 tahun.

Don'ts:

  • Serum retinol tidak disarankan untuk ibu hamil.
  • Tidak disarankan memakai retinol dan niacinamide dalam waktu bersamaan.

Gimana hasil setelah rutin pakai serum retinol dan serum niacinamide?


Dok. pribadi: deslinalisa.com/Lisa D



Kulit jadi halus berasa lebih muda! Seperti yang udah aku bilang di atas niacinamide memang direkomendasikan untuk dijadikan pelengkap saat sedang rutin pakai serum retinol tapi ingat ya pemakaiannya harus beda waktu biar aman. Dalam foto 'sebelum' di atas kondisi sebelum pakai dua serum dari Scarlett banyak garis halus dan bekas jerawat kecil titik titik di dahi.

Aku kasih foto di dahi karena itu zona utama yang ingin aku samarkan pakai kedua serum ini. Setelah rutin pakai hampir dua minggu lamanya kalo lagi ngaca kelihatan sedikit bedanya walau garis halusnya belum sehalus kayak filter Instagram. Menurut info untuk perubahan setelah penggunaan retinol dan niacinamide akan terlihat dalam waktu 3-6 bulan. Aku bakal coba rutin pakai kedua serum ini untuk melihat hasilnya. Harga kedua serum ini masing-masing Rp75 ribu untuk ukuran 15 ml. Menurut aku ukuran segini cukup untuk dipakai 2-3 minggu (tergantung pemakaian). Bentuknya yang mungil memudahkan untuk dibawa kemana-mana.

Buat kalian yang ingin samarkan garis halus dan kilau tanpa kerutan bisa samaan sama aku beli Skin Smoothing Retinol Serum dan Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum di Official Store Scarlett klik di sini https://linktr.ee/scarlett_whitening beli yang asli jangan sampai salah beli! Cek keaslian produk di sini https://verify.scarlettwhitening.com


Xoxo,
Lisa

Komentar

Form for Contact Page (Do not remove)