new videos

Ini Caraku Berhemat Listrik Selain Rutin Catat Meter Mandiri di PLN Mobile

Mobile PLN hemat
Unsplash.com/ John Salzaluro

Bahas soal tagihan listrik buat aku keki sejak akhir tahun 2022, karena ada insiden pertama kalinya telat bayar sebulan eh 'ditalangi bayar' oleh PLN yang ujungnya aku terpaksa datang ke kantor PLN Kota Tangerang untuk melunasinya dengan setuju menandatangani surat perjanjian yang intinya...
jika telat bayar lewat tanggal 20  setuju untuk pindah ke token
tagihan ditalangi PLN
foto pertama saat melapor di PLN Mobile kemudian gak lama di chat WhatsApp oleh petugas cater

Padahal dulu tiap telat sebulan terus langsung bayar dua bulan bisa gitu, sekarang kok kayak maksa gitu pakai ditalangi dulu biar kita dateng kesana, mana pas bayar gak dikasih struk cuma skrinsut yang mana petugas cater ternyata bayar listrik di aplikasi lain, bukan PLN Mobile kena admin @Rp6 ribu x 2 bulan (total Rp800 ribuan). Keki? jelas udah tagihan listrik naik jauh bener biasanya Rp270 - Rp300 ribuan ini sampai Rp400 ribuan sebulan. Tips buat yang tagihannya ditalangi, bayar tagihan yang ditalangi aja, tagihan bulan baru bayar sendiri aja.

Karena kejadian itu aku memutuskan untuk catat meter mandiri tiap bulan sejak Januari 2023 di PLN Mobile. Waktu itu aku laporannya masih ngacak tanggal misal bulan ini tanggal 23 lapor foto bulan depan tanggal 27, nah itu bodohnya aku. Ternyata tagihan jadi gak stabil karena jadi ada yang kehitung 35 hari, 26 hari jadi kadang mahal kadang murah ternyata itu dari jumlah harinya, normalnya sebulan ya kehitung 30 hari. Jadi kalau mau lapor tanggal 23 ya bulan depan tanggal 23 lagi.

Kejadianlah di bulan Juni kemarin tagihan melonjak hampir Rp600 ribu berat banget, ternyata terhitung 35 hari, catat meternya beda tanggal 23-27 yang bulan kemarinnya ada tgl 31. Jadi sekarang aku mencoba memfoto meteran listrik tiap jam 8 pagi 🙂 iya foto tiap hari buat bukti kalo tagihan yang keluar meternya beda, tapi sih kalo udah catat meter mandiri tagihannya valid sesuai estimasi gak ada tuh PLN mundurin dari 35 hari ke 30 hari aja kalo bukti fotonya udah kita lapor. Jadi perhatikan tanggal catat meter harus konsisten!

Aku hitung-hitung dari tagihan bulan Juni pemakaian listrik di rumah 378 kWh yang artinya kalo dibagi 35 hari hasilnya 10.8 kWh/hari yang artinya penggunaan listrik sehari itu 10 jam lebih waduh waduh.

Cara mengetahui pemakaian kWh listrik perhari?

kWh hari ini - kWh hari sebelumnya=

Jadi harus foto sebelum dan sesudah untuk tau pemakaian hari ini tuh berapa sih, tarif listrik 1 kWh= Rp1.444,70 (RT 1.300) nah tinggal dikali aja tuh. Kalo kayak aku kemarin 10.8 kWh perhari jadi Rp15.602,76 yah Rp15 ribuan.

Kalo kamu pakai PLN Mobile bakal dapet salinan struk yang dikirim ke email kamu berisi detail perhitungannya. Itu belum termasuk PPJ 4% dan biaya admin ya.

Karena merasa pemakain perhari gak nentu aku memfotonya tiap hari. Aku ingin tau 'kita bisa gak sih hemat listrik' target hemat listrik di rumah inginnya kurang dari 7 kWh, gimana ya caranya?

Tips hemat listrik ala rumah aku:

  1. Ada 14 lampu di rumah. Matikan semua lampu dipagi, siang, sore hari, kecuali 1 lampu 10 watt di kamar mandi yang nyala 24 jam kalo gak ada lampu ya gelap sekali (rencana mau kasih jendela kaca biar terang pagi siang hari). Saat malam hari hanya 3 lampu yang nyala, kecuali pas ada tamu 6 lampu bisa nyala.
  2. Di rumah pakai 1 AC 1/2 pk dinyalakan hanya jam 10 malam sampai jam 4 pagi, ganti kipas angin. Dan AC tidak tiap hari, nyalain 2-3x seminggu.
  3. Nyalain sanyo air pagi hari jam 8.
  4. Kalo paginya pakai mesin cuci, malemnya gak pakai AC, jadi nyuci dihari libur pakai AC. Aku nyuci pakai mesin cuci 2x seminggu.
  5. Yang masih nyala 24 jam selain lampu kamar mandi ada kulkas & magic com, sedangkan TV+settop box nyala jam 9 pagi sampai jam 10 malam, karena hiburan emakku dengan sinetron favoritnya gak bisa diganggu gugat.
Jadi, itulah kira-kira yang aku coba untuk berhemat. Sejak pakai PLN Mobile udah gak percaya lagi kalo pertiga bulan tagihan listrik turun, karena di surat tagihan yang dikirim rutin dari PLN Mobile ke email jadi bisa ngitung itu tagihan berapa hari. Jangan hore bulan ini murah eh bulan depan gila-gilaan ya karena dihitung bisa lebih dari 35 hari, PLN gak semurah hati itu.

Biasanya yang tagihannya turun drastis dan naik drastis itu belum catat meter mandiri jadi nunggu tukang cater yang foto lapor yang datengnya gak nentu. Mending catat meter sendiri jadi kita tau pemakaiannya berapa kWh perhari, perbulan bisa bandingin, ada arsip foto tiap bulan yang bisa kita lihat jadi transparan. Kalo petugas cater yang foto gimana kita bisa lihat fotonya?

Berhasil hemat atau tidak?

Alhamdulillah setelah 26 hari rajin fotoin meteran buat tau pemakaian perhari yang targetnya gak boleh lebih dari 7 kWh, estimasi tagihan bulan Agustus 181 kWh terhitung dari tgl 27 Juni terakhir lapor cater mandiri ke tanggal 23 Juli jadi terhitung 26 hari pemakaian.

181 kWh x Rp1.444.70 = Rp261.490,7
Rp261.490,7 + 4% (PPJ) = Rp271.950,23

Misal nanti bayar listrik PLN di Tokopedia
Rp271.950,23 + Rp3.500 (biaya admin)
= Rp275.450,32 (total bayar listrik Agustus)

Kalo dihitung pemakaian bulan ini 6,9 kWh/hari jauh lebih hemat dari bulan lalu yang 10,8 kWh/hari, kali ini hemat 3,9 kWh/hari. Semoga bisa konsisten segitu biar tagihan listrik sesuai dengan kemampuan ekonomi, jangan sampai biaya listrik lebih mahal daripada biaya makan karena gak kontrol penggunaan tiap hari 🙂🙏. Sekian curahan hati si pingin hemat teros, semoga membantu.

Dengan catat meter PLN mandiri kita bisa kontrol dan pantau penggunaan listrik kita untuk berhemat dan bijak tidak sia-siakan penggunaan listrik. Setiap apa yang nyala terus kita wajib bayar :).

Semoga bermanfaat.

Komentar

Posting Komentar

Jika terjadi error saat publish komentar coba refresh browser dan ulangi tulis kembali. Sebutkan namamu agar segera aku balas. Terima kasih sudah membaca ceritaku!

Form for Contact Page (Do not remove)