Berawal dari 2 Resep Masakan Yummy App, Rindu Jajan Jadi Jualan

by - Juni 30, 2020

Aplikasi Yummy IDN (Foto oleh Lisa Deslina)


Halo, sudah lama tidak menyapa. Bagaimana kabarmu hari ini, genks?
Tidak terasa bulan Juli sudah didepan mata yang artinya mau jalan 4 bulan saya di rumah aja, bukan hanya saya iya kamu juga!

Tumpukan rasa rindu pun sudah seperti buku perpustakaan yang kian numpuk di hati saya. Rindu ketemu teman, rindu datang ke sebuah event, rindu tepuk tangan juga duduk paling depan, dan ada rindu yang gak bisa saya bendung lagi ini lebih berat dari rindunya Milea ke Dilan yaitu rindu banget sama jajanan kaki lima.

Kayak siomay, bakso malang, cilok ayam, telur gulung, cilor, batagor, bakso ikan tusuk, lumpia basah, cakwe dan banyak lainnya. Haduuu biasanya saya suka jajan makanan sebelum dan sesudah naik kereta usai pulang dari kerja. Jajan makanan pinggir jalan usai pulang kerja tuh kayak ritual pemulihan untuk tubuh yang lelah usai beraktivitas seharian. Tapi, untuk keadaan saat ini saya jadi insecure untuk jajan makanan terlebih berita akhir-akhir ini tentang korona yang belum mereda.

Daripada terus insecure saya mending 'belajar' masak
Awal-awal korona masuk banyak trend yang bermunculan. Salah satunya itu jadi Chef amatir dadakan di rumah, termasuk saya ikutan. 2-3 bulan di rumah saja kami sekeluarga sampai bingung mau masak apalagi, menunya itu-itu saja bosen juga nih. Untungnya ada aplikasi Yummy yang banyak bantu saya untuk menemukan ide memasak untuk menu setiap hari.

Tampilan Yummy App (Foto oleh Lisa Deslina)


Apa itu Yummy App?
Yummy App adalah aplikasi resep masakan urutan nomor satu di playstore dari IDN Media yang memiliki fitur memasak terlengkap. Sehingga dapat membantu kita untuk memasak, berbagi resep masakan antar komunitas dan cuma di Yummy App saya disapa "Selamat pagi, Chef Lisa".

Jujur saya suka masak ya walau dengan basic ilmunya masih amatir, tetapi seperti ketagihan saja gitu apalagi kalau sekali coba terus gagal, ingin coba lagi terus sampai ketemu resep pas yang enak dilidah itu yang kayak gimana, sih. Seperti 2 resep masakan yang saya coba dari Yummy App.

Tom Yum Goong & Dimsum Ayam Yummy App. Kedua masakan ini cocok untuk dimakan bareng se-keluarga dan sedang hits di jagat dunia jual online. Di Aplikasi Yummy saya gak cuma lihat tutorial cara memasak, ada informasi lainnya juga seperti perhitungan biaya yang akan dikeluarkan untuk sekali recook, step by step cara membuat, waktu memasak, dan keterangan bahan yang digunakan dalam resep.

Fitur informasi resep aplikasi Yummy IDN (Foto oleh Lisa Deslina)


Fitur di Yummy App memudahkan proses memasak
Kualitas tampilan aplikasi saat memutar video tutorial masakpun high quality, tidak pecah, ringkas, dan jelas. Terkadang kalau kuota internet sedang minim, saya tinggal baca saja langsung tanpa putar video. Tata cara masaknya tertulis jelas dibawah video resep.

Resep dan teknik memasak itu adalah dua hal yang gak bisa dipisah. Senangnya di Yummy App Kedua hal tersebut ada. Tersedia banyak kategori yang akan bantu kita dalam memasak. Sepertk teknik memotong daging, sampai cara cuci alat memasak pun ada tutorialnya jadi gak abu-abu lagi soal dunia memasak.

1. Fitur kategori memasak & filter harga

Berikut kategori yang ada di Yummy App:

  • Yummy tips: ada tips teknik memasak awal yang perlu kita tau sebelum mulai memasak.
  • Yummy resep dasar: untuk yang baru belajar memasak bisa mulai dari sini.
  • Makanan pembuka: mulai dari resep jajanan hits bisa dicoba disini.
  • Makanan utama: lengkap ada resep masakan Indonesia sampai internasional juga ada.
  • Makanan penutup: dessert box kekinian-pun ada, gak perlu debat harga kemahalan. Kita bisa bikin sendiri sekarang!
  • Cemilan: aneka resep cemilan yang bisa dicoba untuk menemani bekerja dari rumah.
  • Makanan pendamping dan minuman: lengkap semua ada pokoknya tinggal buka Yummy semua bisa masak!
Kita juga bisa filter sesuai budget masak hari ini jadi bisa disesuaikan. Oh ya, salah satu kategori favorit saya adalah Yummy Tips karena berisi tips yang berguna saat memasak. Ada tips cara fillet ayam, kupas udang yang benar, dsb. Di bawah ini adalah resep dimsum rebus dari Yummy App yang saya recook. Hanya saja dimsumnya saya kukus tidak direbus.


Bahan utama untuk membuat dim sum saya  pakai daging ayam bagian paha dan dada saja. Karena daging paha ayam lebih juicy jadi adonan gak kering pas dikukus dan cocok untuk dibikin segala isian masakan asian.

Karena harga fillet ayam itu lebih mahal di pasar. Apalagi untuk kondisi keuangan yang sedang kusut sejak korona mewabah. Jadi, saya mencoba fillet ayamnya sendiri dengan melihat tutorial video fillet ayam di Yummy App. Untuk fillet paha ayam lumayan tricky ternyata. Dan dibawah ini adalah hasilnya.. lumayan lah yaa rasanya juga mirip seperti dimsum kukus di restoran. Thank you resepnya Yummy App saya jadi jualan dimsum.


Hasil recook saya dari resep Yummy App


Kalau untuk Tom Yum karena dia basic-nya seafood saya pakai bahan yang ada di kulkas saja. Karena di Yummy App apapun bahan yang kamu punya #BebasMasakApaSaja. Isian Tom Yum saya pakai chikuwa, fish dumpling keju, fish dumpling ayam, baso ikan, baso sapi, udang, crab stick, dan daun caisim. Untuk jualan tom yum baru ada niat aja nih untuk dijual, soalnya bahan-bahannya susah dicari.

Setelah memasak kedua menu ini ada rasa bahagia, rasa kangen jajan jadi terobati. Ditambah kalo masakan yang dibuat ada yang bilang enak! Jadi inget kalimatnya Chef Arnold di Marterchef Indonesia "Kalau masak itu bayangkan, kita masak untuk orang yang disayang bukan untuk kamu sendiri" iya bener juga Chef, jadi ada motivasinya gitu usai dibilang "enak".

Foto di atas adalah hasil percobaan masak Tom Yum yang kedua dan percobaan masak dimsum shiumai yang ketiga yang sudah saya jual sekarang. Memasak itu memang butuh proses yaa dan saya menikmati itu. Dari rindu jajan eh jadi iseng-iseng jualan sekarang baru sekitaran jual ke teman dekat, sih. Insyaallah mau jual online juga! Biar lebih produktif dan menghasilkan uang selama di rumah aja. Lumayan untuk nambahin tagihan listrik yang naik dan nyambung hidup, heheh...


2. Fitur Komunitas

Senangnya masak itu kalo udah ketemu komunitas yang sama-sama suka masak! Senang bisa lihat kreasi masakan Indonesia dari teman-teman komunitas di Yummy App. Atau mau naik level cobain resep masakan dari akun Chef terkenal di Indonesia seperti Chef Arnold.

Gak cuma lihat resep saja, kita juga bisa berkontribusi sebagai penulis resep dan menghasilkan uang jajan. Ada dua cara menghasilkan uang tambahan di Yummy App.
  1. Nulis resep di Yummy App lalu dapet point yang bisa dikumpulkan dan diredeem jadi uang.
  2. Ikutan lomba kreasi resep di fitur event & promosi dengan hadiah menarik.
Sebelum menulis dan ikutan lomba kreasi resep pastikan kamu sudah membuat akun ya di Yummy App.


3. Fitur menulis resep di Yummy App

Caranya mudah untuk menulis resep di Yummy App:
  1. Buka mobile apps Yummy di smartphone milikmu.
  2. Pilih menu "Komunitas" yang ada di navigasi bawah.
  3. Tekan tombol "Buat Resep" yang ada di bawah
  4. Tulis resep kreasimu sendiri, dan dapatkan uang tunai setiap resep yang terpublish. Jadi ada editorial juga di Yummy App.
Ngomong-ngomong, resep menu penjaga imunitas yang sekarang kita butuhkan untuk menjaga kesehatan ada di Yummy App kayak minuman rempah, wedang jahe, beras kencur, dsb. Menu hemat ala anak kost yang cukup memasak di magic com juga ada! Yummy App masuk ke semua kalangan ya.

Untuk para mama muda yang memiliki bayi atau balita gak perlu risau kamu bisa baca-baca tips parenting di Popmama misalnya untuk menemukan inspirasi menu mpasi agar si kecil tetap terpenuhi nutrisinya. Jadi sempurna deh masak untuk keluarga tinggal buka Yummy App, dan untuk menu mpasi si kecil tinggal buka Popmama. Satu keluarga makan bareng!

Yuk masak genks, explore resep masakan nusantara dan internasional di Yummy App download sekarang juga di playstore!

Follow juga akun sosial media mereka di:
Facebook: https://www.facebook.com/yummyIDN/
Instagram: https://www.instagram.com/yummy.idn/
TikTok: https://www.tiktok.com/@yummyapp


You May Also Like

0 komentar

Hi, silahkan tinggalkan komentar terbaikmu ya. Mau berbagi cerita boleh banget! Thank you.

Blogger Perempuan